Iklan Layanan Masyarakat

Wabup Dorong APTI Jalin Sinergitas dengan Pabrikan

Rabu, 31 Mar 2021 21:42:26 1341

Keterangan Gambar : Petani Tembakau di Kecamatan Ngadirejo, Temanggung.


Temanggung, Media Center - Wakil Bupati Temanggung, Heri Ibnu Wibowo mendorong DPC Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Kabupaten Temanggung untuk menjalin sinergitas dengan pabrikan rokok. Karena dengan kesepakatan itu akan terjalin komunikasi untuk menentukan kualitas, harga dan jumlah tembakau yang dibutuhkan pabrikan.

"Dengan terjalin komunikasi itu nantinya akan tahu permintaan dari pabrikan seperti apa, terkait kualitas tembakau, jumlah dan harganya," kata Wakil Bupati, Heri Ibnu Wibowo dalam acara sarasehan DPC APTI Temanggung, Selasa (30/3/2021).

Wabup mengatakan organisasai APTI memiliki tugas dan fungsinya untuk memperjuangkan dan mensejahterakan para petani tembakau di Temanggung. Untuk itu, Wabup mendorong soliditas dan kekompakan antara pengurus dan petani tembakau.

"Organisasi APTI ini adalah organisasi non profit yang tidak mencari keuntungan pribadi dalam organisasi APTI. APTI hanya mencari keuntungan untuk petani tembakau dan untuk masyarakat pertembakauan. Dengan demikian, secara otomatis akan mensejahterakan petani," tegasnya.

Pada musim tanam tembakau tahun ini, Wabup mengimbau kepada para petani untuk menanam bibit tembakau asli Temanggung, yakni jenis Kemloko. Karena bibit jenis itu yang dibutuhkan pabrikan rokok, seperti Gudang Garam dan Djarum. Bahkan saat pengolahan tembakau jangan dicampur dengan tembakau luar daerah Temanggung, karena akan mempengaruhi kualitas tembakau. 

"Petani harus merencanakan penanaman tembakau, mulai dari persiapan lahan, pemilihan bibit, perawatan dan pengolahan harus benar-benar matang. Jangan sampai salah, karena akan mempengaruhi kualitas tembakau itu sendiri dan petani tentunya merugi," imbuhnya.
 
Dalam kesempatan yang sama, kondisi pandemi ini Wabup mengajak para petani dan masyarakat di Temanggung selalu menjaga kesehatan. Yakni dengan menerapkan protokol kesehatan 5M, menjaga jarak, mencuci tangan di air yang mengalir, memakai masker, mengurangi mobilitas dan menjauhi kerumunan.

"Saya berharap petani di Temanggung selalu mematuhi protokol kesehatan, 5M untuk mencegah penularan Covid-19. Selain menjaga diri sendiri, juga menjaga orang disekitar kita" pungkas Wabup. (MC TMG/Firman;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top