Iklan Layanan Masyarakat

UPPD Temanggung Lakukan Ujicoba Jaringan Samsat Paten Parakan

Senin, 05 Okt 2020 16:26:01 2027

Keterangan Gambar : UPPD Temanggung melakukan ujicoba jaringan Samsat Paten Parakan yang berlokasi di Komplek Kantor Kecamatan Parakan, Temanggung, Senin (5/10/2020).


Temanggung, MediaCenter - Untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dalam mengurus pajak kendaraan, Unit Pelayanan Pajak Daerah (UPPD) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah berencana untuk membuka Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Pelayanan Administrasi Terpadu Elektronik (Samsat Paten) di wilayah Kecamatan Parakan, yang berlokasi di Komplek Kantor Kecamatan Parakan.

Suratno selaku Kepala UPPD Kabupaten Temanggung saat ditemui di kantornya mengatakan, selain untuk memudahkan layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor,  melalui Samsat Paten yang akan dibuka, diharapkan dapat mengurangi kepadatan antrian yang ada di Samsat Temanggung. Seperti yang ia dijelaskan, biasanya masyarakat cenderung membayar pajak kendaraan pada bulan September sampai dengan Desember, karena bulan-bulan ini adalah masa panen tembakau di Kabupaten Temanggung, sehingga jumlah pengunjung di Samsat Temanggung cenderung mengalami peningkatan.

“Kami masih mengajukan permohonan kepada Bapak Bupati Temanggung, sehingga masih menunggu ijin untuk dapat dilaksanakan,” ungkap Suratno saat ditemui di kantornya, Senin (5/10/2020). 

Ia menambahkan, sebenarnya saat ini pembayaran pajak kendaraan bermotor sudah bisa dilakukan secara online, akan tetapi masyarakat lebih cenderung untuk membayar pajak di Kantor Samsat secara langsung.

“Sambil menunggu ijin dari bapak Bupati, mulai hari ini kami lakukan uji jaringan yang akan dilaksanakan selama kurang lebih 14 hari untuk memastikan sistem bisa berjalan dengan lancar,” tambahnya.

Ia menjelaskan, Samsat Temanggung telah membuka Samsat Keliling di beberapa lokasi di Kabupaten Temanggung, salah satunya di Kecamatan Parakan yang dibuka setiap hari Senin dan Kamis.

“Samsat Keliling yang beroperasi di Kecamatan Parakan objeknya terbilang bagus, kebanyakan masyarakat berbelanja di Parakan sekaligus membayar pajak, bahkan banyak yang berasal dari luar Parakan, sehingga kami respon yang sebelumnya seminggu dilaksanakan 2 kali pelayanan, akan dibuka seperti di Samsat induk yaitu hari Senin sampai dengan Sabtu,” jelasnya.

Ia menambahkan, rencananya Samsat Paten Parakan akan membuka jam pelayanan dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 14.00 WIB di Hari Senin sampai Jumat dan Pukul 08.00 WIB sampai dengan 13.00 WIB pada Hari Sabtu.

Dengan rencana dibukanya Samsat Paten, diharapkan masyarakat dalam melaksanakan kewajibannya sebagai wajib pajak dan tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. (MC TMG/Safi;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top