Iklan Layanan Masyarakat

Upacara HUT Kemerdekaan ke-76 RI Berlangsung Khidmat

Rabu, 18 Agu 2021 10:41:50 612

Keterangan Gambar : Pengibaran Sang Saka Merah Putih


Temanggung, Media Center - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia, Kabupaten Temanggung melakukan upacara bendera dengan protokol kesehatan yang ketat di Halaman Kantor Bupati Temanggung, Selasa (17/8/2021), dikarenakan masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Peserta upacara hanya terdiri dari 3 kompi yaitu perwakilan dari TNI, Polri dan ASN. Selain itu juga terdapat anggota Dinas Perhubungan dan PMI Kabupaten Temanggung untuk menjaga kelancaran upacara bendera peringatan HUT ke-76 RI yang dipimpin langsung oleh Bupati Temanggung, HM Al Khadziq.

Ketika sesi amanat pembina upacara, Bupati membacakan sambutan tertulis Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, di depan seluruh peserta upacara. Gubernur menyebutkan bahwa ini adalah tahun kedua Republik Indonesia merayakan HUT ditengah pandemi Covid-19 dengan berbagai kasus yang membuat haru. Banyak sektor terdampak bahkan banyak tenaga kesehatan meninggal dunia.

“Maka ditengah Upacara Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2021, saya memberikan hormat setinggi-tingginya pada tenaga kesehatan. Kami bersama kalian dengan hazmat yang saya pakai ini saya harap dapat ketularan semangat dan spirit kemanusiaan tenaga medis ditengah pandemi. Semangat dan spirit itu, juga saya harapkan menular kepada panjenengan semua yang saat ini menjalani isolasi”, kata Gubernur dalam sambutan yang dibacakan Bupati Temanggung.

Dalam sambutannya, Gubernur juga menyampaikan bahwa Covid-19 telah melumpuhkan seluruh lini kehidupan, akan tetap disisi yang lain justru Covid-19 menampar kesadaran bahwa perjuangan harus terus dilakukan dan cita-cita kemandirian harus diwujudkan.

“Percuma selama ini kita menyebut diri sebagai bangsa yang besar kalau ternyata riset saja masih lemah. Percuma kita membanggakan diri menjadi bangsa adi luhung kalau laboratorium saja masih jadul, tidak bisa diadu dikancah dunia. Mulai sekarang, ayo gotong royong, bahu membahu menyiapkan segala hal. Kita tingkatkan riset ilmu pengetahuan, perbanyak laboratorium dan tingkatkan kelasnya”, imbuhnya.

Kedaulatan dan kemandirian ini bukan hanya untuk sektor kesehatan saja. Sektor pertanian dan pangan, sektor kemaritiman, energi sampai teknologi harus tetap berdaulat dan mandiri. Indonesia harus menjadi lumbung pangan dunia dan bukan menjadi penerima bantuan pangan. Diserukan bahwa kita ini adalah bangsa Indonesia dengan lambang burung Garuda. Garuda Indonesia harus terbang mengepakkan sayap menuju kejayaan.

“Saya berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar seluruh rakyat Indonesia dikaruniai kekuatan hati dan pikiran untuk mewujudkan kemakmuran. Tidak mulai besok, tidak mulai lusa, tetapi mulai sekarang. MERDEKA”, pungkas Gubernur dalam sambutannya.

Selesai Upacara Bendera Peringatan HUT ke-76 RI, Bupati dan pejabat terkait melanjutkan untuk mengikuti peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI secara virtual di Pendopo Pengayoman Temanggung. (MC TMG/chy;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top