Iklan Layanan Masyarakat

UKM Temanggung Dilatih Foto dan Branding Produk

Sabtu, 26 Jun 2021 17:14:07 776

Keterangan Gambar : Pelatihan untuk pelaku UKM.


Temanggung, MediaCenter- Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) bekerjasama dengan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag) Kabupaten Temanggung melaksanakan pelatihan untuk pelaku UKM selama dua hari di Pusat Komunitas Kreatif (Puskomkref) Komplek UKM Center Kowangan Temanggung. 

Pelatihan diberikan kepada 60 pelaku usaha yang berasal dari berbagai usaha di Kabupaten Temanggung. Karena masih masa pandemi, pelatihan dibagi menjadi empat gelombang, tiap gelombang terdiri dari 15 orang dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. 

Pelatihan dimulai gelombang I Tanggal 8-9 Juni 2021, gelombang II Tanggal 4-15 Juni 2021, gelombang III Tanggal 21-22 Juni dan gelombang IV Tanggal 23-24 Juni 2021.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinkominfo Kabupaten Temanggung, Fransiska Supriyati pada saat pembukaan pelatihan menyampaikan kepada seluruh peserta agar mengikuti pelatihan secara sungguh-sungguh, sehingga akan meningkatkan nilai produk dan peningkatan pemasaran produknya.

“Para peserta akan diberikan pelatihan terkait dengan memfoto produk serta  membranding produk, sehingga produk UKM menjadi naik kelas,” ungkapnya.

Narasumber Khamim Nuryanto dari Digitama Visual Branding Temanggung selama 2 hari pelatihan menyampaikan trik-trik pemotretan produk dengan peralatan yang ada di rumah dan dengan pembuatan mini studio dengan bahan-bahan yang terjangkau.

Selain mendapatkan teori terkait dengan pemotretan dan strategi membranding produk, para peserta juga diajak untuk praktik satu per satu.

Salah satu peserta dari RA Griya Cemilan dan Snack, Tirta Nur Aini menyampaikan kendala produknya masih dipemasaran penjualan, karena terbatasnya tenaga untuk membuat katalog. 

Proses pemasarannya pun dinilai masih belum maksimal dan juga kemasan yang kurang menarik konsumen, khususnya penjualan online melalui e-comerce.

“Target pemasaran RA Griya Cemilan dan Snack sudah ada, karena terbatasnya tenaga untuk pemasaran, sehingga hasil yang didapat juga belum maksimal, karena selama ini kita hanya mengandalkan relasi, baik itu teman, saudara dan sanak famili begitu juga dengan kemasan produk masih kurang menjual dan bersaing ketika posting di marketplace maupun e-comerce,” ungkapnya saat ditemui di tempat usahanya, Sabtu (26/6/2021) di Temanggung. (MC.TMG/tf;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top