Iklan Layanan Masyarakat

Turunkan Angka Stunting, Pemkab Gelar Kampanye Gemarikan

Senin, 14 Mar 2022 19:06:43 607

Keterangan Gambar : Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) mengadakan kegiatan kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah di Desa Purborejo, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung, Senin (14/3/2022). 


Temanggung, MediaCenter - Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) mengadakan kegiatan kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah di Desa Purborejo, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung, Senin (14/3/2022). 

Kegiatan kampanye Gemarikan bertujuan untuk menurunkan angka stunting di Provinsi Jawa Tengah, serta meningkatkan Angka Konsumsi Ikan (AKI) Provinsi Jawa Tengah yang saat ini di angka 36,71%.

Hadir dalam kampanye Gemarikan, perwakilan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah, perwakilan Tim PKK Provinsi Jawa Tengah, Kepala Bidang Perikanan DKPPP Kabupaten Temanggung, Sekcam Bansari, dan Perangkat Desa Purborejo, Kecamatan Bansari. 

Adapun sasaran kegiatan ini adalah ibu hamil dan anak-anak Balita.

Dalam kegiatan ini, dibagikan 125 paket bantuan makanan olahan ikan yang berasal dari kelompok pengolah ikan di Kabupaten Temanggung.

Penyerahan paket bantuan diwakili oleh 20 ibu hamil dan anak Balita dengan didampingi ibunya.

Kegiatan ini dibuka dengan menyanyikan lagu Gemarikan yang dibawakan oleh siswa-siswi PAUD Kartika.

"Sejak tahun 2021, kegiatan kampanye Gemarikan, baik tingkat pusat, provinsi dan kabupaten disinergikan dan berfokus pada penanganan masalah stunting sebagai salah satu support atas pencapaian target nasional SDGs," kata Nunung Nur Chayati, Kabid Perikanan DKPPP Temanggung, disela-sela acara. 

"Oleh sebab itu, maka selama dua tahun ini, sasaran kegiatan adalah anak Balita dan ibu hamil di wilayah dengan prevalensi stunting tinggi. 
Harapannya, pada masa pembentukan janin dan masa emas tumbuh kembang Balita, kecukupan asupan protein hewani, dalam hal ini ikan yang banyak mengandung omega 3 bisa mengurangi resiko stunting," tandasnya. (MC.TMG/ayu;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top