Iklan Layanan Masyarakat

Truk Miniatur Karya Pemuda Desa Mento Diminati Pasar Kalimantan

Jumat, 26 Agu 2022 18:37:43 796

Keterangan Gambar : Truk Miniatur Karya Pemuda Desa Mento Diminati Pasar Kalimantan


Temanggung, Media Center - Ircham Latif (20), pemuda Dusun Mento Tengah, Desa Mento, Kecamatan Candiroto, Temanggung menyalurkan ketertarikannya dengan berbagai macam truk modifikasi dengan membuat miniatur truk dari kayu triplek. 

Ketertarikannya tersebut dikarenakan 3 tahun silam banyak truk modifikasi yang berseliweran di daerahnya, serta banyaknya channel youtube yang mengulas truk modifikasi dari berbagai tempat di indonesia. Oleh sebab itu, Ircham ingin memilikinya dalam bentuk miniatur truk modifikasi.

Hanya bermodalkan kayu triplek dan lem, Ircham mencontoh pembuatan miniatur truk melalui kanal youtube. Dirasa masih terkesan kaku, Ircham berinisiatif untuk menggunakan bahan PVC untuk bagian truk yang menonjolkan detail dan lekukan.

“Awalnya tidak untuk dijual, tetapi kemarin pas ada Expo di Candiroto, miniatur truk saya dibawa pak Kadus ke sana dan alhamdulillah laku,” ujar Ircham.

Dikarenakan masih sedikit peminatnya, maka dari itu, Ircham memutuskan untuk membuat miniatur tersebut sesuai dengan pesanan. Ircham akan mulai membuat ketika ada permintaan. Akan tetapi, di rumah harus ada stok barang selain pesanan untuk berjaga-jaga apabila ada permintaan mendadak atau acara pameran UMKM, seperti di Expo Candiroto atau Expo Mento yang digelar kemarin.

Dengan dimensi 15x50 cm atau sekala 1:12, Ircham bisa menyelesaikan miniatur truk paling cepat selama 2 minggu pengerjaan. Waktu pengerjaan tergantung tingkat kesulitan atau kelengkapan fitur yang harus dimasukkan dalam miniatur truk tersebut, seperti lampu, suspensi hingga stiker.

Ircham mengaku, sudah menjual minatur truknya lebih dari 50 unit dengan berbagai spek yang sudah tersebar di berbagai daerah, seperti Jawa Timur, Jakarta, Sumatra hingga Kalimantan. Pelanggan paling banyak membeli miniatur truk Ircham berasal dari Jawa Timur, karena tren truk modifikasi atau yang dikenal dengan truk oleng terbanyak di Jawa Timur.

“Kalau Jawa Timuran sekali order bisa sampai 3 unit,” ungkapnya, Jumat (26/8/2022). 

Selain truk, Ircham juga melayani permintaan berupa bus dan mobil pick up dengan skala 1:12 dan 1:10 dengan harga sesuai spek dan tingkat kerumitan. Untuk miniatur dengan spek cat sederhana dibandrol 700 ribu. Akan tetapi, apabila ada permintaan dengan spek komplit seperti penggunaan lampu, suspensi sampai dengan pintu yang bisa dibuka tutup, Ircham memberi bandrol 1 juta hingga 1,3 juta per unit.

Diakuinya, banyak suka duka dalam berjualan miniatur truk. Suka ketika banyak orderan, duka ketika pesanan sudah jadi, tetapi tidak kunjung diambil dan belum dibayar. Oleh sebab itu, Ircham akan membuatkan miniatur truk sesuai pesanan ketika sudah menerima DP sebagai jaminannya. (MC TMG/Chy;Ekp;Ysf) .

Pencarian:

Komentar:

Top