Iklan Layanan Masyarakat

Tradisi Nyadran Wujud Terima Kasih kepada Sang Pencipta dan Lehuhur

Sabtu, 04 Mar 2023 18:55:20 1534

Keterangan Gambar : Tradisi Nyadran Wujud Terima Kasih kepada Sang Pencipta dan Lehuhur


Temanggung, Media Center - Seluruh warga Desa Jetis mengadakan Nyadran Makam Leluhur di lingkungan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Jetis, Selopampang, Temanggung, Jumat (3/3/2023).

Tradisi Nyadran biasanya dilakukan untuk menyambut datangnya Bulan Ramadhan, serta wujud syukur atas berkah yang diberikan oleh Sang Pencipta.

Selain itu, Nyadran juga ditujukan untuk mendoakan arwah para leluhur, khususnya yang sangat berjasa pada desa seperti leluhur terdahulu yang telah membuka lahan untuk dijadikan tempat tinggal yang sekarang sudah banyak terdapat rumah permanen.

Seluruh warga yang mengikuti sadranan atau nyadran selalu menggunakan tenong yang berisikan nasi tumpeng, ingkung ayam, olahan sayur hingga buah seperti pisang.

Selain warga lokal, tidak sedikit warga dari luar desa mengikuti nyadran tersebut, bahkan sampai membawa seluruh anggota keluarganya.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, setelah usai melakukan sadranan, warga disuguhkan pengajian singkat yang bertemakan wujud syukur atas berkah yang didapat dari Sang Pencipta oleh pemuka agama setempat. (MC.TMG/Chy;Ekp;Ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top