Iklan Layanan Masyarakat

Tradisi Legen Jumat Legi di Pasar Legi Parakan Disertai Vaksinasi

Jumat, 29 Jul 2022 20:26:54 256

Keterangan Gambar : Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag) melalui UPT Pasar Legi Parakan mengadakan Tradisi Legen Jumat Legi dan vaksinasi bersama Badan Intelejen Negara (BIN) di lantai 2 komplek Pasar Legi Parakan, Kabupaten Temanggung, Jumat (29/7/2022).


Temanggung, MediaCenter - Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag) melalui UPT Pasar Legi Parakan mengadakan Tradisi Legen Jumat Legi dan vaksinasi bersama Badan Intelejen Negara (BIN) di lantai 2 komplek Pasar Legi Parakan, Kabupaten Temanggung, Jumat (29/7/2022).

Hadir dalam acara ini, perwakilan BIN Kabupaten Temanggung Beni Arisanto, Kepala Bidang Pasar Dinkopdag Setyo Widodo, Kepala Bidang Perdagangan Pontjo Marbagjo, Sub Koordinator Penataan Ketertiban dan Penataan Pasar Daerah Aditya Hendi Kurniawan, tenaga kesehatan dan pedagang.

Supandi, Kepala UPTD Pengelolaan Pasar Daerah Wilayah Parakan menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Aktivasi Pasar SNI 8152 : 2021 di Pasar Legi Parakan, antara lain berupa pelaksanaan Tradisi Legen Jumat Legi, program vaksinasi, dilanjutkan kerja bakti resik-resik lingkungan Pasar Legi Parakan.

"Sejak tahun 1925, Tradisi Legen Jumat Legi berupa pembuatan tumpeng kluban urap, yang dipersiapkan oleh paguyuban pedagang, diarak dan dikumpulkan di lima titik tertentu. Kemudian dibacakan doa bersama, selanjutnya akan dibagikan kepada seluruh pengunjung pasar," jelasnya.

Muslifah (52), pedagang gula kelapa mengungkapkan, Tradisi Legen Jumat Legi di Pasar Legi Parakan sudah turun temurun dan tradisi ini dilakukan para pedagang, pengunjung, serta pengelola.

"Yang kami lakukan ini bentuk ikhtiar kami, ini merupakan sedekah para pedagang Pasar Legi Parakan tiap selapan (35 hari) diikuti minimal 40 pedagang, banyak pengunjung juga yang ikut berpartisipasi, guyup rukun saling mendukung tambah laris jualannya dan tambah berkah barokah Pasar Legi Parakan ini," katanya.

Beni Arisanto menjelaskan, untuk kegiatan vaksinasi Covid-19 yang kedua kalinya di Pasar Legi Parakan, bersama Puskesmas Parakan, mengambil momen saat acara Legen Jumat Legi. Harapannya serapan vaksinasi semakin meningkat.

"Yang menjadi sasaran adalah pedagang pasar dan pengunjung pasar secara umum, vaksinasi Covid-19 ini berupa vaksinasi dosis 1, dosis 2 dan dosis 3 (booster). Kami akan sosialisasikan terus sampai benar-benar masyarakat sadar untuk vaksinasi," tandasnya. (MC.TMG/sty;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top