Iklan Layanan Masyarakat

TP PKK Temanggung Adakan Vidcon Dengan Gubernur dan TP PKK Jateng

Selasa, 07 Apr 2020 17:05:47 770

Keterangan Gambar :



Temanggung, MediaCenter – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Temanggung  yang diwakili oleh Denty Eka Widi Pratiwi selaku Ketua TP-PKK dan beberapa anggota TP-PKK mengikuti rapat koordinasi melalui video conference dengan TP-PKK Provinsi Jawa Tengah, di ruang Aula Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Temanggung, Selasa (7/4/2020).
Rapat tersebut mendengarkan arahan dari TP-PKK Provinsi Jawa Tengah yang disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta Siti Atikoh Ganjar Pranowo terkait langkah-langkah yang harus dilakukan TP-PKK kabupaten/kota terkait antisipasi penyebaran virus Covid-19 yang diikuti sebanyak 35 TP-PKK kabupaten/kota di Jawa Tengah.
Atiqoh menyampaikan agar kegiatan yang dilakukan oleh PKK tidak tatap muka langsung serta tidak melakukan kegiatan yang menyebabkan terjadinya kerumunan masa, sehingga kegiatan yang dilakukan bisa dimodifikasi misalnya dengan mengajarkan anggota yang ada di kecamatan/desa untuk membuat masker dengan membuat video tutorial yang dikirimkan melalui grup PKK secara online. 
Atiqoh juga menghimbau kepada seluruh TP-PKK kabupaten/kota untuk menghimbau kepada seluruh anggota TP-PKK untuk membantu memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang cara mengantisipasi penyebaran Covid-19, diantaranya dengan menjaga jarak serta memakai masker ketika keluar rumah.
Denty Eka Widi Pratiwi selaku Ketua Tim Penggerak PKK, menyampaikan bahwa PKK Kabupaten Temanggung telah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah serta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Temanggung yang sudah terbentuk sampai tingkat desa dengan anggota PKK juga terlibat dalam keanggotaan digugus masing-masing desa.
“Kami sudah melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat, kami berkoordinasi dengan tim Penggerak PKK dalam semua tingkatan dan jenjang sampai tingkat Dawis melalui media sosial serta memastikan bahwa sosialisasi dan edukasi yang disampaikan sudah sampai ke masyarakat.” ujar Denty 
Selain itu, TP-PKK Kabupaten Temanggung juga melakukan kegiatan belanja di warung tetangga serta berbagi kepada tetangga yang dilakukan setiap minggu dengan melakukan koordinasi-koordinasi dengan ketua TP-PKK kecamatan yang difokuskan kepada pemenuhan sembako yang diperuntukkan untuk tetangga yang terdekat, yang terkena dampak ekonomi akibat Covid-19. 
“Kami percayakan kepada penggerak PKK disemua tingkatan untuk bisa lebih sensitif terhadap tetangga yang ada di sekitar kita,” imbuh Denty.
Sebelumnya PKK Temanggung juga sudah menciptakan hilirisasi dari tani pekarangan yang diprogramkan oleh Bupati Temanggung berupa Pastakaran yaitu Pasar Tani Pekarangan yang dilakukan setiap hari Jum’at di lingkungan kantor Setda Kabupaten Temanggung dan dihalaman Dintanpangan, akan tetapi untuk saat ini kegiatan ini dilakukan secara online. 
TP-PKK Kabupaten Temanggung juga telah melakukan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung agar serapan dari hasil pertanian bawang putih  juga terintegrasi dengan Jaring Pengaman Sosial yang diadakan di Kabupaten,mengingat bulan April ini sudah memasuki musim panen bawang putih di Kabupaten Temanggung. 
“Semoga kedepan nanti kita bisa mempunyai kesempatan untuk berkoordinasi semacam ini bukan hanya saat penanggulangan wabah penyakit , tetapi setelah ini bisa juga bisa terus berkoordinasi.” pungkas Denty (MT TMG/Safy;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top