Iklan Layanan Masyarakat

TP PKK Kabupaten Temanggung Gencarkan Aksi Pojok Baca Untuk Masyarakat

Jumat, 23 Jul 2021 12:36:19 1187

Keterangan Gambar : Bimbingan Teknis Gerakan Aksi Pojok Baca untuk TP PKK se-Kabupaten Temanggung dilakukan secara virtual di ruang Aula Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Temanggung, Kamis (22/7/2021).


Temanggung, Media Center – Bimbingan Teknis Gerakan Aksi Pojok Baca untuk TP PKK se-Kabupaten Temanggung dilakukan secara virtual di ruang Aula Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Temanggung, Kamis (22/7/2021).

Pojok baca merupakan suatu ruangan yang dilengkapi dengan koleksi buku dan berperan sebagai perpanjangan fungsi perpustakaan. Pondok baca juga berfungsi untuk menyerap ilmu melalui bacaan atau tulisan masyarakat, kader bahkan sampai dengan anak-anak disetiap waktu luang disela-sela aktifitas sehari-hari.

Pojok baca merupakan salah satu sarana dan pilar kokoh penunjang penyelenggaraan pendidikan, sekaligus sebagai penyebaran informasi dan tempat belajar bagi masyarakat sepanjang hayat. Rencananya pojok baca atau sudut baca akan dibuka tidak hanya di tempat kerja kader atau anggota TP PKK kecamatan, akan tetapi pojok baca ini untuk masyarakat sampai dengan desa atau kelurahan di wilayah Kabupaten Temanggung.

Denty Eka Widi Pratiwi, Ketua TP PKK Kabupaten Temanggung mengatakan bahwa ada suatu sensasi yang berbeda ketika membaca sebuah informasi ataupun pengetahuan melalui media online maupun membaca dari buku cetak. Akan tetapi apabila menggunakan smartphone atau teknologi, masyarakat membutuhkan koneksi internet untuk mengaksesnya, sehingga keberadaan pojok baca atau sudut baca tersebut sangat diperlukan.

“Tantangan yang harus kita lakukan harus ada terobosan-terobosan atau kreatifitas serta inovasi yang bisa kita lakukan supaya sudut baca itu menarik, baik dari sisi materinya, baik dari sisi literasinya, ataupun dari materi-materi yang memang dibutuhkan oleh masyarakat kita”, ungkapnya.

Denty juga mengatakan, bahwa gerakan ini merupakan tantangan untuk menghadirkan informasi kepada masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan benar-benar bisa dipertanggungjawabkan. Hal tersebut supaya kehadiran sudut baca betul-betul diminati dan tidak hanya sekedar formalitas.

“Karena yang akan kita gugah adalah bagaimana minat baca itu, sehingga masyarakat bisa mengetahui informasi secara baik dan benar. Ini yang juga kita tekankan, karena begitu mudahnya kita mengakses suatu informasi, kadang informasi yang sifatnya hanya sekilas itu ditelan mentah-mentah, sehingga menimbulkan hoak,” imbuhnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Temanggung berharap dengan adanya sudut baca ini dapat mewujudkan masyarakat Temanggung yang gemar membaca. (MC TMG/Cah;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top