Iklan Layanan Masyarakat

TP PKK Harus Mampu Berkolaborasi dan Tingkatkan Kualitas Komunikasi

Jumat, 04 Jun 2021 13:39:46 1120

Keterangan Gambar : Upacara Pelantikan dan Serah Terima Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan di Pendopo Pengayoman Temanggung, Jumat (4/6/2021).


Temanggung, MediaCenter – Dalam Pelantikan dan Serah Terima Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan di Pendopo Pengayoman Temanggung, Denty Eka Widi Pratiwi selaku Ketua TP PKK Kabupaten Temanggung menginformasikan bahwa ada rencana besar untuk gerakan PKK di Tahun 2021-2024 dalam Rakernas IX tahun 2021, Jumat (4/6/2021).

Pada dasarnya tujuan TP PKK adalah menciptakan keluarga pelopor perubahan melalui pembinaan karakter keluarga, pendidikan, dan peningkatan ekonomi keluarga, serta penguatan ketahanan keluarga, dan kesehatan keluarga dan lingkungan.

“Ada 4 agenda prioritas PKK yang dibahas yaitu ketahanan ekonomi, revolusi mental, memperkuat pelayanan dasar dan lingkungan hidup”, ungkap Denty.

Berdasarkan hasil Rakernas IX Tahun 2021, kegiatan Pembinaan Anak dan Remaja (PAAR) berubah menjadi PAAREDI (Pola Asuh Anak dan Remaja Era DIgital).  Maksud dari PAAREDI adalah meningkatkan peran keluarga dalam membentuk dan membangun karakter setiap anggota keluarga dalam penerapan pola asuh yang tepat. Tujuannya adalah mendorong terwujudnya karakter keluarga yang berakhlak mulia, bermoral berdasarkan Pancasila.

Program selanjutnya adalah identifikasi dan fasilitasi UP2K dengan bentuk inovasi perintisan marketplace melalui lapak PKK. Tujuannya adalah peningkatan pendapatan keluarga melalui usaha ekonomi. Kegiatan yang dilakukan dalam memfasilitasi UP2K adalah memfasilitasi perijinan, identiikasi dan fasilitasi PIRT, pelatihan pemasaran online, dan lain sebagainya.

Ketahanan pangan keluarga dalam PKK adalah pertanian keluarga yakni melalui HATINYA PKK dan pengelolaan sampah organik. Kegiatan yang dilakukan contohnya adalah memanfaatkan pekarangan untuk dijadikan warung hidup, lumbung hidup dan apotik hidup, mendorong generasi muda untuk berkecimpung di bidang pertanian menjadi petani millenial dan lain sebagainya.

”Sebagai tindak lanjut pemanfaatan pekarangan dengan tanaman obat-obatan, sebaiknya kita tidak sebatas menanam namun juga memanfaatkannya untuk kebutuhan diri kita”, harap Ketua TP PKK Kabupaten Temanggung tersebut.

Sedangkan program Gagah Bencana merupakan program keluarga PKK tanggap dan tangguh bencana, yaitu untuk mewujudkan keluarga dan lingkungan yang sehat melalui program kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat.  

“Guna menyukseskan gerakan tersebut, kami harapkan TP PKK Kecamatan mampu berkolaborasi dengan TP PKK Desa/Kelurahan dan meningkatkan kualitas komunikasinya”, pungkasnya. (MC TMG/ch;sr;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top