Iklan Layanan Masyarakat

Tosan Aji Temanggung Gelar Sarasehan

Senin, 14 Feb 2022 18:05:58 759

Keterangan Gambar : Paguyuban Tosan Aji Bumi Phala, Kabupaten Temanggung, menggelar silahturahmi dan sarasehan yang diikuti oleh pengurus dan anggota Tosan Aji Kabupaten Temanggung, di Wisma Joglo Amarta, Mbero, Desa Caruban, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung yang merupakan komplek kediaman pribadi Ketua DPRD Temanggung, Yunianto, Sabtu (13/2/2022) malam.


Temanggung, MediaCenter – Paguyuban Tosan Aji Bumi Phala, Kabupaten Temanggung, menggelar silahturahmi dan sarasehan yang diikuti oleh pengurus dan anggota Tosan Aji Kabupaten Temanggung, di Wisma Joglo Amarta, Mbero, Desa Caruban, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung yang merupakan komplek kediaman pribadi Ketua DPRD Temanggung, Yunianto, Sabtu (13/2/2022) malam.

Ketua Paguyuban Tosan Aji Bumi Phala, Sri Hariyanto mengatakan, setelah lama tidak ada aktifitas karena pandemi, Tosan Aji Temanggung kembali menjalin silahturahmi dan sarasehan bareng.
 
“Kita kembali mengakrabkan sesama anggota Tosan Aji Bumi Phala Temanggung yang jumlahnya mencapai sekitar 200 orang,“ terangnya. 

Ia menyampaikan, paguyuban ini terbentuk atas dasar teman-teman yang senang akan budaya, khususnya pusaka, yang tujuannya adalah nguri-nguri budoyo.

“Merawat peninggalan leluhur, dan menghormati budaya leluhur,” ungkapnya.
 
Sri Hariyanto menjelaskan, tosan aji adalah senjata pusaka tradisional, istilah ini merujuk pada segala macam senjata tradisional, yang terbuat dari besi dan dianggap sebagai pusaka, namun untuk Kabupaten Temanggung  didominasi oleh penggemar keris.
 
“Kita juga hadirkan narasumber dari Pametriwiji Jogja, Viktor MH, untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya terkait tosan aji, khususnya pusaka keris,” imbuhnya. 

Sementara itu, pelindung Tosan Aji Temanggung yang sekaligus Ketua DPRD Temanggung, Yunianto  mengatakan, tosan aji merupakan wujud memelihara budaya leluhur yang telah ada ratusan tahun. 

“Dengan tosan aji, kita berharap warisan budaya tidak musnah hilang ditelan jaman,” tandasnya. (MC.TMG/dn;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top