Iklan Layanan Masyarakat

TMMD Sarana Penyadaran Bahaya Covid-19 Bagi Masyarakat

Selasa, 15 Jun 2021 18:01:00 684

Keterangan Gambar : Proses pembuatan jalan pada TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2021 di Desa Wonoboyo Kecamatan Wonoboyo Temanggung.


Temanggung, MediaCenter -  Program TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2021 di Desa Wonoboyo Kecamatan Wonoboyo Temanggung diprioritaskan pada penyadaran bahaya Covid-19 dan langkah-langkah dalam mencegah penularan.

Dandim 0706 Temanggung Letkol CZI Kurniawan Hartanto mengatakan, peningkatan penularan dan kasus Covid-19 di Kabupaten Temanggung dalam beberapa waktu terakhir menjadi keprihatinan semua pihak termasuk TNI, sehingga dimasukkan dalam Program TMMD. 

"Kami konsen dalam penanganan Covid-19, bahkan dari pencegahan penularan dan pemahaman, kesadaran bahaya Covid-19," kata Dandim, saat ditemui disela-sela pembukaan TMMD, Selasa (15/6/2021).

Ia mengatakan, salah satu  bentuk keberpihakan adalah dalam TMMD dimasukkan dalam materi kegiatan non fisik. Materi diisi oleh TNI dan pelibatan semua stakeholder, seperti Dinas Kesehatan, tenaga medis, dan Satgas Covid-19. 

"Kami berharap tumbuhnya kesadaran dimasyarakat akan berdampak pada tingginya tingkat kesehatan masyarakat. Setidaknya tidak ada penularan atau tidak ada kasus," tambahnya, sembari mengatakan jika ada kasus warga sigap dalam penanganan. 

Dandim menambahkan, kegiatan non fisik lainnya adalah sosialisasi untuk wawasan kebangsaan dan Undang-undang Lalu lintas dan kenakalan remaja, selain layanan Keluarga Berencana (KB). 

Adapun sasaran fisik TMMD adalah betonisasi jalan sepanjang 700 meter dan lebar 4 meter, senderan sepanjang  177,60 meter dan sasaran pendamping rehab RTLH 2 unit yang dibiayai dari Basnas dan Bapas Temanggung serta  pembuatan gorong-gorong sebanyak 4 unit dengan panjang 5 m x diameter 0,50 meter.

Untuk sumber anggaran TMMD dari APBD Propinsi sebesar Rp 251 juta, APBD Kabupaten Rp 500 juta dengan total Rp 751 juta. 

Sedangkan personel yang terlibat, untuk Kodim 0706 Temanggung 33 orang, staf satgas 7 orang dan Polres Temanggung 5 orang yang didukung Linmas 10 orang dan Tim asistensi penyuluh 6 orang dengan didukung masyarakat 269 orang.

"Kami berharap, hasil TMMD dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, selain peningkatan kemanunggalan TNI dengan rakyat," pungkasnya. 

Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo mengatakan bahwa TMMD sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi masyarakat.

" TMMD fisik berupa jalan sangat berguna, karena menghubungkan antar desa dan kecamatan. Dan diharapkan masih ada dan ada sinergitas yang lebih baik antara TNI dan masyarakat," kata Wabup. (MC.TMG/ai;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top