Iklan Layanan Masyarakat

TK Negeri Pembina Temanggung Gelar Lomba Hias Tumpeng

Senin, 22 Agu 2022 16:00:39 1021

Keterangan Gambar : TK Negeri Pembina Temanggung Gelar Lomba Hias Tumpeng


Temanggung, Media Center - Menyemarakkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Sekolah TPA/KB/TK Negeri Pembina Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah menggelar lomba menghias tumpeng, Senin (22/8/2022). 

"Lomba tumpeng yang kami gelar ini merupakan rangkaian untuk memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, anak-anak kan sudah mengikuti lomba kemarin, sekarang khusus untuk ibu-ibu atau parenting," kata Kepala Sekolah TPA/KB/TK Negeri Pembina Temanggung, Orbiyanti.

Ia mengatakan, selain menjalin kebersamaan antar wali murid dan pihak sekolah, lomba ini menjadi momentum untuk mengenalkan tumpeng sebagai kebudayaan di bidang kuliner, khususnya masakan khas Temanggung, berupa sayur urap bumbu pedas, bergedel kimpul, kering, dan juga sambal teri.

"Tujuan dari lomba tumpeng ini untuk menambah keakraban, menjalin kebersamaan dan persatuan antar orang tua dan wali murid, serta juga dari pihak sekolah," imbuhnya.

Ia menyebutkan, penilaian dalam lomba menghias tumpeng ini meliputi kesesuaian tema, cita rasa, kreatifitas, kebersihan dan biaya.

"Jadi kriteria juara itu ada 4 penilaian, yakni kesesuaian tema, yakni Indonesia Merdeka, cita rasa dari masakan itu, kreatifitas, kebersihan dan juga harga, jadi satu tumpeng tidak boleh melebihi biaya Rp150 ribu," tegasnya.

Salah seorang wali murid, Muawanah mengatakan makna simbol dari tumpeng yang dibuat adalah sebagai bentuk syukur kepada Tuhan YME, karena Indonesia telah diberikan kemerdekaan dan juga kemakmuran, serta kesejahteraan.

"Dengan sudah dikasih kemerdekaan ini kita simbolkan dengan tumpeng yang tinggi menjulang ini kita ibaratkan gunung, sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan YME," katanya.

Ia berharap, melalui lomba menghias tumpeng ini ke depan menjadi semangat dalam berkreasi dan juga cipta karya para ibu rumah tangga. (MC.TMG/fr;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top