Iklan Layanan Masyarakat

Tingkatkan Potensi, Dinbudpar Adakan Asesmen Desa Wisata Petarangan

Selasa, 15 Mar 2022 14:26:22 362

Keterangan Gambar : Dalam rangka meningkatkan dan mengembangan potensi Desa Wisata yang ada di Kabupaten Temanggung, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Temanggung melaksanakan asesmen terhadap Desa Wisata Petarangan, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Senin (14/3/2022).


Temanggung, MediaCenter - Dalam rangka meningkatkan dan mengembangan potensi Desa Wisata yang ada di Kabupaten Temanggung, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Temanggung melaksanakan asesmen terhadap Desa Wisata Petarangan, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Senin (14/3/2022).

Bertempat di Gedung Serbaguna Cipto Manunggal, Desa Petarangan, acara asesmen dilaksanakan dengan penuh semarak.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Desa Petarangan, Jumarno, menyampaikan bahwa Desa Petarangan memiliki empat kelompok kesenian yang nantinya mampu menunjang wisata di daerah tersebut.

“Empat kelompok kesenian tersebut dapat menjadi wisata aksi dan edukasi di Desa Wisata Petarangan, sehingga semakin banyak warga yang terlibat dalam pengembangan Desa Wisata kami,” ungkapnya.

“Kami juga memiliki berbagai destinasi, seperti Puncak Botorono, Watu Ambal, dan Watu Kendang yang dapat kami buat untuk paket wisata. Bahkan wisatawan juga bisa menikmati pesona wisata alam sambil melaksanakan menanam dan petik tanaman bawang, serta terdapat wisata edukasi karawitan dengan menikmati suguhan kesenian Jaran Kepang, Bangilun, Angguk, Ndolalak,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pariwisata Dinbudpar, Sanento Budhi Setyawan menyampaikan kekagumannya dengan sambutan yang disuguhkan oleh Desa Wisata Petarangan yang sangat luar biasa.

“Dengan adanya sambutan tersebut menunjukan bahwa Desa Wisata Petarangan sudah mampu dan siap menyambut calon wisatawan yang akan berkunjung di daerah ini dan menjadi nilai lebih terhadap Desa Wisata Petarangan,” pungkasnya.

Namun yang perlu digaris bawahi dalam penilaian ini, Desa Petarangan juga mampu memberdayakan seluruh elemen masyarakat, hal tersebut terbukti dengan dilibatkannya warga sekitar untuk bertanggung jawab bersama meningkatkan sarana dan prasarana dengan iuran warga guna pembiayaan destinasi wisata yang dimiliki Desa Petarangan.

Asesmen Desa Wisata ini berdasarkan Peratusan Bupati Nomor 95 Tahun 2021 tentang Desa Wisata, sebelum ditetapkan menjadi desa wisata dengan SK Bupati. 

“Sehingga dapat turut serta mengembangkan wisata di Kabupaten Temanggung, agar nantinya mampu meningkatkan ekonomi di Desa Wisata,” tandasnya. (MC.TMG/agn;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top