Iklan Layanan Masyarakat

Tingkatkan Populasi, BBI Lakukan Penangkaran Benih Ikan Uceng
Umum Sosial Kebudayaan Dan Pariwisata Pendidikan Ekonomi INSANIF PUSKOMKREF Sistem Informasi Desa (SID) PPID STATISTIK INFORMATIKA KOMUNIKASI KOMINFO Agenda OPD SEPUTAR TEMANGGUNG BERITA NASIONAL hoax terkini


admin 30 Jan 2019 145
Blog single photo

Temanggung, MediaCenter – Balai Benih Ikan (BBI) Kabupaten Temanggung sudah melakukan penangkaran bibit benih Ikan Uceng dan berencana untuk menebarkan benihnya ke sungai di area Temanggung.

Menurut Joko Susilo Hartono selaku Kepala UPTD Balai Benih Ikan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Temanggung yang ditemui tim media center Selasa (29/01), menyampaikan bahwa penangkaran ini bertujuan untuk membudidayakan Ikan Uceng agar tetap terjaga dan berkembang, karena saat ini Ikan Uceng sudah cukup langka dan susah dicari, BBI sudah menangkar dan mengembang biakkan Ikan Uceng sebanyak 2500 induk.

BBI berencana akan menebarkan anakan Uceng sebanyak 5000 ekor yang rencana akan dilaksanakan sekitar Bulan September atau Oktober tahun 2019. Menurut Joko Susilo dalam melakukan penangkaran Ikan Uceng ini mempunyai banyak kendala, salah satunya adalah sulit beradaptasinya Ikan Uceng, sehingga apabila dipindahkan dari habitatnya ke dalam penangkaran akan mudah mati jika tidak sesuai dengan alam aslinya.

Kami akan menyebarkan anakan Ucengnya sekitar 5000 ekor akan kami sebar di sungai-sungai di Temanggung, anakan ikan ini nantinya akan menjadi indukan, kemudian setelah menjadi indukan maka mereka akan berkembang biak. Harapan kami produksi untuk Ikan Uceng ini setelah kami lakukan penyebaran kedepannya bisa pulih kembali,” jelas Joko Susilo.

Joko Susilo Juga menghimbau kepada masyarakat agar menjaga perairan umum yang ada dilingkungannya dan tidak menggunakan penangkapan ikan yang merugikan alam ataupun lingkungan sekitar agar kelestarian Ikan Uceng dan yang lain bisa tetap terjaga dengan baik. (MC TMG/Penulis, Foto: Aji, Editor: Ekape )

Recent Comments

Tinggalkan Komentar

Top