Iklan Layanan Masyarakat

Tingkatkan Peran TPQ, UIN Salatiga Beri Bantuan 54 Ekor Kambing kepada Guru Ngaji

Senin, 27 Jun 2022 17:05:28 424

Keterangan Gambar : Tingkatkan Peran TPQ, UIN Salatiga Beri Bantuan 54 Ekor Kambing kepada Guru Ngaji


Temanggung, MediaCenter - Pemerintah Kabupaten Temanggung bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat  (LP2M) UIN Salatiga, menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kualitas SDM melalui peran TPQ dalam Pembinaan Generasi Muda Islam di Kabupaten Temanggung Tahun 2022 di Dusun Ngabean, Desa Kemloko, Kecamatan Kranggan, Temanggung, Senin (27/6/2022).

Hadir dalam acara ini, Bupati Temanggung HM Al Khadziq, Kepala Bappeda Dwi Sukarmei beserta jajarannya, Forkompincam Kranggan, Wakil Rektor 1 UIN Salatiga bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan Muhammad Saerozi dan civitas akademika, perwakilan Badko TPQ Jawa Tengah, Kades Kemloko Bejo beserta jajarannya, tokoh masyarakat, alim ulama, dan tamu undangan.

Bupati menyampaikan, terima kasih kepada keluarga besar UIN Salatiga yang hadir di Kabupaten Temanggung, membantu masyarakat, khususnya pengembangan pendidikan agama Islam, melalui pemberdayaan para guru ngaji melalui kegiatan produktif ekonomi.

"Ini sangat membanggakan dan gayung bersambut dengan yang kita laksanakan di Kabupaten Temanggung, sejak tiga tahun yang lalu memberikan insentif kepada guru ngaji, jumlahnya sekitar 11 ribu orang guru ngaji, setiap bulan kita berikan Rp 100 ribu, jumlahnya masih sangat kecil, dibandingkan dengan nilai pengabdiannya, pemberian insentif keagamaan juga diberikan kepada guru agama lain, dengan proporsi yang diberikan sesuai proporsi jumlah penduduk menurut sensus terakhir," katanya.

Kabupaten Temanggung berpenduduk 800 ribu jiwa, sedang mengembangkan peternak rumah tangga dan tani pekarangan, mengingat akhir-akhir ini masyarakat desa tingkat ketergantungannya hal-hal yang berbau kota.

"Kemandirian desa semakin menurun, karena masyarakat ingin semakin instan, bergantung hal-hal yang datang dari kota," tegasnya.

Pemkab Temanggung mengajak seluruh masyarakat menggalakkan program peternakan rumah tangga dan program tani pekarangan, sehingga masyarakat desa punya kemandirian.

"Bantuan kambing ini sangat berarti dan berguna untuk meningkatkan kemandirian, apa yang diberikan kepada masyarakat ini akan menjadi tauladan, akan ditiru oleh seluruh masyarakat, dan menjadi motivasi masyarakat Temanggung untuk maju meningkatkan kemandiriannya," jelasnya.

Muhammad Saerozi mengatakan, untuk tahun 2022 pengabdian masyarakat Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga dipusatkan di Temanggung. Dalam kegiatan ini diserahkan 54 ekor kambing yang ditujukan kepada guru ngaji di TPQ, agar masyarakat bisa ber-Islam secara baik dan bernegara secara baik.

"Atas nama lembaga kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Bupati dan jajarannya, apabila UIN Salatiga dengan Pemkab Temanggung bisa berjalan lancer, maka keduanya bisa mengambil manfaat, dan kami punya komitmen pengembangan daerah-daerah seperti di Temanggung ini," pungkasnya. (MC.TMG/sty;nin;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top