Iklan Layanan Masyarakat

Tingkatkan Kreatifitas dan Kualitas dengan Pelatihan IKM Tembakau Lembutan

Selasa, 23 Agu 2022 18:42:48 717

Keterangan Gambar : Tingkatkan Kreatifitas dan Kualitas dengan Pelatihan IKM Tembakau Lembutan


Temanggung, MediaCenter - Bupati Temanggung, HM Al Khadziq bersama Ketua DPRD Temanggung Yunianto, memberikan pengarahan dalam pelatihan Industri Kerajinan Masyarakat (IKM) Mbako Lembutan di Wali Limbung Coffee, Desa Karang Gedong, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Selasa (23/8/2022).

Mendampingi Bupati dalam kegiatan ini, Asisten II Sekda Ripto Susilo, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Agus Sarwono, Kabag Perekonomian Fita Parma Dewi, Ketua APTI Siyamin, dan Deputi Marketing WLC Cigar Yuda Sudarmaji, dan sebagai peserta yaitu mahasiswa, petani, dan pelaku usaha pertembakauan.

Bupati dalam pengarahannya menyampaikan, bahwa ekonomi pertembakauan di masyarakat yang ada saat ini, sebagian besarnya masih berupa warisan nenek moyang yang belum disentuh dengan kreativitas dan inovasi.

"Kita harus tunjukkan, bahwa kita adalah generasi muda yang inovatif dan kreatif, tidak hanya meneruskan tradisi dari para nenek moyang. Sekarang eranya teknologi komunikasi, kita bisa belajar apapun, mau belajar tembakau lembutan, belajar mencampur tembakau, belajar membuat cerutu dan jenis-jenis cerutu. Apapun bisa kita pelajari secara online. Apa yang sudah diajarkan nenek moyang, ayo kita kembangkan," ungkap Bupati.

Selanjutnya, pengembangan kreatifitas IKM tembakau lembutan merupakan salah satu solusi ikhtiar kolektif, berproses belajar bersama antara pemerintah dan masyarakat.

"Pemerintah sifatnya memfasilitasi masyarakat, menstimulasi kepada masyarakat untuk maju bersama-sama. Dinperinaker tahun ini akan melakukan pelatihan 700 peserta di 14 kecamatan se-Kabupaten Temanggung. Moga-moga program ini bisa berhasil, bisa membuka wawasan kita semua, sehingga tembakau yang merupakan heritage dari nenek moyang, kekhasan dan bagian kebanggaan bagi masyarakat Temanggung bisa kita pertahankan, dengan cara membuat beraneka produk yang menguntungkan bagi masyarakat," jelasnya. 

Ketua DPRD Yunianto memberikan apresiasi kepada Bupati Temanggung atas program kerjanya, khususnya Dinperinaker atas terselenggaranya kegiatan pelatihan IKM tembakau lembutan di WLC.

"Kami selaku lembaga DPRD mewakili seluruh kawan-kawan DPRD Kabupaten Temanggung, berterima kasih dan berasumsi, bahwa ke depan skill sumber daya manusia kegiatan UMKM jauh akan lebih baik. Kita sebagai putra daerah, pewaris dari para leluhur, mari sebagai generasi penerus kita jangan berpangku tangan, kita jauh harus lebih baik, untuk melestarikan, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tandasnya. (MC.TMG/sty;tfa;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top