Iklan Layanan Masyarakat

(THINK SMART) Langkah Bijak Bermedia Sosial

Rabu, 13 Jul 2022 15:17:40 559

Keterangan Gambar : ‘THINK SMART’ Langkah Bijak Bermedia Sosial


Temanggung, MediaCenter-SMK Negeri 1 Temanggung mengadakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah  (MPLS) bagi peserta didik baru, dengan tema Bangkit, Berlari, Menggapai Prestasi dan Mewujudkan Profil Pelajar Pancasiladi di Gedung Serbaguna, komplek SMKN 1 Temanggung, Maron, Sidorejo, Kecamatan/Kabupaten Temanggung, Selasa (12/7/2022).

Eko Kus Prasetyo, Pranata Humas Ahli Muda Dinkominfo Temanggung yang menjadi salah satu narasumber menyampaikan materi tentang Menjadi Generasi Millenial yang Bijak Bermedia Sosial. Dalam paparannya, ia menyampaikan bahwa saat ini adalah era digital, komunikasi, diskusi, belanja, game/permainan, dan silaturahmi dapat dilakukan dengan dukungan teknologi.

"Teknologi itu, suka tidak suka, mendekatkan yang jauh, kita bisa berhubungan dan berkomunikasi dengan teman di luar pulau, luar kota dan luar negeri, namun juga menjauhkan yang dekat, dengan keluarga sendiri, adik atau kakak jarang ngobrol, karena teknologi, ada seorang profesor filsuf dari Jepang, mengatakan, dunia kita itu sudah tidak berbatas, tidak ada batas ruang dan tidak sekat waktu," katanya.

Penduduk Indonesia urutan ke-4 dunia berjumlah 274,9 juta, data bulan Januari 2021, pengguna internetnya 202 juta orang, pengguna media sosial aktif 170 juta orang, namun pengguna mobile gadget aktif 345 juta orang.

"Angka pengguna media sosial besar sekali, dan rata-rata orang menghabiskan waktu berinternet selama 8 jam, dan untuk bermedia sosial selama 3 jam 14 menit, yang sering diakses adalah youtube, setelahnya media sosial yang untuk berinteraksi, misal instagram, facebook, dan twitter," jelasnya.

Yanda, kelas X APRP 2 memberikan pendapat tentang akunnya di media sosial untuk melakukan posting kegiatan olah raganya dan melihat selebgram idolanya.

"Saya memanfaatkan akun IG saya untuk ngepost foto kalau habis main bola, dan melihat selebgram," ungkapnya.

Selanjutnya Eko Kus menjelaskan, bahwa orang yang berniat buruk kepada kita, informasinya dari perbuatan kita sendiri yang upload di media sosial, karena itu merupakan data akurat, maka harus punya tips dan trik, sehingga tidak kena efek negatif media sosial.

"Maka kita saat bermedsos harus punya 'THINK' kepanjangan dari True/benar: yang kita posting di akun medsos benar-benar milik kita, Helpfull: materi yang kita posting membantu kita dan orang lain, IIlegal: jangan sering copy paste, Necessary: orang lain itu butuh tidak postingan kita, dan  Kind: kita harus memposting materi/konten yang bermanfaat/berguna bagi orang lain,” jelasnya.

“Kita juga wajib 'SMART', terdiri dari Secret, jangan memposting data-data pribadi, Meeting jangan terjebak profil dan percaya di media sosial, Attachment, hati-hati dengan materi yang kita posting, karena jejak digital kita tidak bisa dihapus, sudah menjadi konsumsi publik, Reliable, tidak semua hal harus diungkap di medsos, dan Tell, jangan curhat atau menyampaikan masalah pribadi di media sosial," tandasnya. (MC.TMG/sty;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top