Iklan Layanan Masyarakat

Terkait PTM, Temanggung Lihat Perkembangan Situasi

Rabu, 12 Jan 2022 09:22:03 578

Keterangan Gambar : Bupati Temanggung, HM Al Khadziq mengatakan, perlu adanya kehati-hatian untuk menjalankan PTM apalagi 100 persen PTM.


Temanggung, MediaCenter - Kendati saat ini pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sudah diperbolehkan dengan berbagai ketentuan, namun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung tidak akan gegabah dalam penerapannya. Hal terbaik akan dilihat melalui perkembangan situasi.

Bupati Temanggung, HM Al Khadziq mengatakan, perlu adanya kehati-hatian untuk menjalankan PTM apalagi 100 persen PTM. Pasalnya, sampai saat ini pandemi Covid-19 masih ada, apalagi muncul varian baru omicron, sehingga tidak boleh lengah sedikitpun. 

"Kita akan lihat perkembangan situasi, meski sudah diperbolehkan PTM, sebab perkembangan Covid di tingkat regional Jawa Tengah maupun tingkat nasional ini menjadi pencermatan kita. Jadi kita ingin PTM berjalan dengan baik, tapi juga aman dari Covid-19," ujarnya ditemui di sela-sela meninjau vaksinasi untuk anak-anak di Puskesmas Bulu, Selasa (11/1/2022).

Ditanya kemungkinan untuk menggelar PTM 100 persen, Bupati mengaku masih akan menunggu perkembangan di Jawa Tengah (Provinsi), dan kabupaten-kabupaten lain seperti apa sambil mempelajari situasinya. Kesehatan dan keselamatan masyarakat dari bahaya paparan Covid-19 menjadi perhatian utama Pemkab Temanggung, sebelum ada kegiatan yang melibatkan banyak orang. 

"Untuk 100 persen (PTM) kita tunggu di Jawa Tengah dulu, juga kabupaten-kabupaten lain seperti apa sambil belajar dari daerah lain. Temanggung tidak ingin di awal juga tidak ingin di akhir, tapi ingin cermat betul dalam membuka PTM. Meski kita sadar masyarakat sangat menanti-nantikan PTM, tetapi bagi pemerintah unsur kehati-hatian menjadi sangat penting untuk menjaga keselamatan masyarakatnya," katanya.

Sebagaimana diketahui, PTM 100 persen sudah dimulai sejak Senin (3/1/2022). Di Jawa Tengah, setidaknya ada sebanyak 292 satuan pendidikan dari total 2.628 satuan pendidikan di Jateng yang melaksanakan PTM 100 persen. Jumlah siswa yang terlibat adalah 164.521 siswa, atau 13,3 persen dari total seluruh siswa di Jateng sekitar 1,2juta. 

Terkait vaksinasi Covid-19 untuk usia anak, Bupati mengatakan, pihaknya terus menggenjot vaksinasi untuk anak-anak mulai usia TK, dan SD. Bahkan hingga saat ini capaiannya sudah mencapai 30 persen dari yang ditargetkan. 

"Hari ini dilaksanakan vaksinasi untuk anak-anak di Kabupaten Temanggung, dari berbagai sekolah, baik SD maupun TK. Sekarang vaksinasi anak-anak di Kabupaten Temanggung sudah tercapai lebih dari 30 persen, dari total yang akan divaksin sejumlah sekitar 70 ribu," terang Bupati. 

Bupati menyebut, untuk seluruh Kabupaten Temanggung total vaksinasi sudah hampir 80 persen. Lalu untuk dosis kedua sudah hampir 70 persen, dan vaksinasi lansia sudah mencapai 65 persen. 

Kendati sudah ada vaksinasi namun masyarakat Kabupaten Temanggung diminta untuk tetap waspada dan tidak lengah. Penerapan protokol kesehatan sudah menjadi kewajiban bagi setiap individu di masa setelah munculnya pandemi Covid-19, untuk meminimalisir paparan virus corona. (MC.TMG/ar;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top