Iklan Layanan Masyarakat

Tempat Wisata di Temanggung Yang Wajib Dikunjungi

Wednesday, 28 Jun 2017 19:40:00 552

Keterangan Gambar : Tempat Wisata di Temanggung Yang Wajib Dikunjungi


Alam Indonesia sangat kaya, salah satu kekayaannya bisa kita saksikan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Kabupaten yang satu ini menjadi penghasil tembakau terbesar se-Indonesia dengan lahan mencapai 13.000 hektar. Dari sedikit fakta tersebut saja sudah bisa kita bayangkan betapa asrinya alam Temanggung dengan hamparan kebun tembakaunya, hamparan kebun tembakau nan hijau yang mampu memanjakan mata dan menyejukan jiwa raga.

Tempat wisata yang pertama adalah Hutan pinus dan Umbul Jumprit Destinasi yang satu ini menawarkan keindahan alam berupa hutan pinus yang menawan dan sebuah umbul dengan mata air alami. Seperti disebutkan di awal bahwa berbagai tempat wisata di Temanggung banyak yang berkaitan dengan sejarah khususnya sejarah Kerajaan Majapahit. Konon Umbul Jumprit ini merupakan tempat Pangeran Singonegoro dan pengikutnya yaitu Pengaran Majapahit mengasingkan diri karena tidak mau mengikuti kepemimpinan baru yang dipegang oleh Raden patah di Demak Bintoro. Jika anda kesini sebelum hari waisak terutama tiga hari sebelumnya maka anda juga bisa menyaksikan tradisi pengambilan air suci Waisak dari Umbul Jumprit. Ada juga tradisi kungkum lewat tengah malam setiap Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon, serta tradisi lainnya. Berwisata kesini akan sangat menambah pengalaman dan pengatahuan. Anda yang suka berfoto juga bisa mendapatkan foto dengan background bagus pemandangan alam yang eksotis.

Tempat wisata yang ke dua adalah Curug Lawe, Satu lagi curug yang sayang dilewatkan saat anda  melakukan wisata di Temanggung yaitu Curug Lawe. Keistimewaan curug ini yaitu air yang mengalir di curug ini bagaikan untaian benang puting yang indah. Keindahan ini diabadikan dalam namanya yaitu lawe yang artinya untaian benang berwarna putih.

Tempat wisata yang ke tiga adalah Sunrise Posong Kledung Temanggung, Sunrise Posong Kledung Temanggung merupakan wisata alam yang juga menarik untuk dikunjungi. Merupakan daerah dengan ketinggian 2000 mdpl dengan pemandangan alam yang eksotis. Banyak pula yang menyamakan keindahannya dengan dataran tinggi Dieng di Wonosobo. Disini anda juga bisa menikmati sunrise. Semakin indah dengan pemandangan 7 gunung di sekitar Temanggung. Semuanya terlihat dari sini. Wisata terbaru di Temanggung yang satu ini merupakan salah satu yang paling terkenal.

Tempat wisata yang ke empat adalah Pikatan Waterpark, Beralih dari wisata alam Temanggung. Inilah salah satu wisata favorit di Temanggung berupa wisata air yang menawarkan berbagai wahanannya. Apalagi kalau bukan Pikatan Waterpark. Disini anda bisa menikmati wisata keluarga seru dengan berbagai fasilitas yang lengkap. Anda dan keluarga bisa menikmati waterboom dan wahana lain seperti flying fox, jembatan goyang, ember tumpah, dan lainnya. Pemandangan alamnya semakin menambah keseruan bermain di tempat wisata temanggung yang satu ini. ada pula Gebyar Padusan Pikatan yang bisa anda saksikan menjelang bulan Ramadahan. Menampilkan berbagai atraksi kesenian yang sayang untuk dilewatkan.

Tempat wisata yang selanjutnya adalah Candi Pringapus, Masih berlanjut berupa wisata dengan nilai sejarah. Kali ini adalah Candi Pringapus, sebuah peninggalan yang menurut para arkeologi adalah peninggalan agama Hindu. Objek wisata di Temanggung ini merupakan salah satu yang menarik minat wisatawan bahkan bukan hanya wisatawan lokal saja namun juga wisatawan mancanegara. Jika anda melakukan perjalanan wisata ke Temanggung maka sempatkanlah untuk mengunjungi candi megah yang satu ini.

Curug Trocoh adalah tempat wisata yang ke enam yang ada di Temanggung, Ada beberapa curug di Temanggung. Namanya dataran tinggi kurang lengkap jika kita tak menemukan curug disana. Salah satu curug yang menarik untuk dikunjungi adalah Curug Surodipo atau dikenal pula dengan nama Curug Trocoh. Curug ini akan semakin menarik untuk anda yang suka tracking karena untuk mengakses curug ini masih cukup sulit karena jalannya yang belum dibenah

Tempat wisata yang ke tujuh adalah Alam Sewu Negeri di Atas Awan, Selain di dataran tinggi Posong, anda juga bisa menikmati sunrise di Alam Sewu ini. Selain itu jika anda ingin menikmati hamparan perkebunan tembakau khas Temanggung juga bisa dinikmati disini. Dengan pemandangan alam pegunungan yang eksotis, perjalanan wisata alam daerah Temanggung  di Alam sewu akan semakin menarik.

Embung Tlogo Pucang Temanggung juga merupakan tempat wisata yang ada di temanggung, Yang satu ini bukan lagi di Kledung namun sama-sama berupa Embung. Selain itu juga sama seperti Embung Kledung yang merupakan telaga buatan dan menyuguhkan panorama gunung Sindoro dan Sumbing. Walaupun begitu tetap patut untuk masuk dalam daftar destinasi wisata Temanggung anda.

Kemudian ada Situs Liyangan dan kolam cinta, Situs Liyangan tergolong situs yang belum lama ditemukan yaitu pada tahun 2008. Penemuan pertama yaitu berupa talud, yoni, arca, dan batu-batu candi. Di lokasi ini masih terus dilakukan ekskavasi dan telah ditemukan berbagai peninggalan lainnya. Termasuk rumah panggung kayu yang hangus terbakar namun masih nampak tegak berdiri. Diperkirakan rumah ini masih satu zaman dengan penemuan lainnya, yaitu merupakan peninggalan zaman mataram kuno. Menurut Balai Arkeologi Yogyakarta situs ini merupakan sebuah kompleks perumahan kerajaan mataram yang kemudian tertimbun lahar dari Gunung Sindoro. Tentu menjadi wisata di Temanggung yang menarik untuk dikunjungi apalagi anda yang tertarik pada peninggalan sejarah semacam arca candi dan sebagainya. Selain berbagai peninggalan tersebut, turun sedikit dari Situs Liyangan, disana anda juga bisa menikmati kolam cinta. Kolam yang memang berbentuk lambang cinta. Bisa hanya dinikmati pemandangannya atau bisa juga anda mencemlungkan diri berenang dan merasakan sensasi dinginnya.

Selanjutnya ada Curug Onje, objek wisata Temanggung dengan keistimewaannya tersendiri yaitu adanya 7 air terjun berjejer. Kesitimewaan tersebut menghasilkan pemandangan yang indah dan menarik minat para wisatawan. Anda pecinta curug tentu tak akan melewatkan curug yang satu ini.

Kemudian yang terakhir yang akan kita bahaas ada Sedengkeh Pass Petarangan, tempat wisata ini menyajikan keindahan alam yang tidak kalah dengan tempat wisata pegunungan yang lain, tempat ini memiliki pemandangan yang sangat indah, pengunjung bisa melihat gunung sindoro dan sumbing yang sangat mempesona.

Itulah beberapa tempat wisata yang ada di Kota Temanggung, silahkan memilih dan selamat menikmati berada di Kota Temanggung.

Sumber

Pencarian:

Komentar:

Top