Iklan Layanan Masyarakat

Temanggung Targetkan Juara pada Lomba Hari Habitat 2023

Jumat, 17 Feb 2023 15:56:35 487

Keterangan Gambar : Temanggung Targetkan Juara pada Lomba Hari Habitat 2023


Temanggung, Media Center - Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Temanggung Hendra Sumaryana optimis Kabupaten Temanggung menjadi yang terbaik dalam Lomba Hari Habitat tahun 2023. 

Pada Lomba Hari Habitat tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperakim) Provinsi Jawa Tengah ini, mengusung tema "Kolaborasi Pentahelix dalam Pembangunan Permukiman dan Perumahan Perkotaan Menuju Nol Kumuh". 

"Hari ini kami mendampingi tim juri dari Disperakin Provinsi Jawa Tengah untuk melakukan verifikasi lapangan, kalau di lapangan bisa membuktikan kondisi yang kita sampaikan di Semarang, InsyaAllah bisa menang, kita optimis, karena penilaian lapangan mempunyai bobot 60 persen dalam penilaian lomba ini," katanya, Jumat (17/02/2023).

Dalam lomba tersebut, Kabupaten Temanggung mengusung tema "Manggong PRAWIRO" (Pentahelix Rancang Atasi Wilayah Kumuh Menuju Zero) di Kelurahan Manggong, Kecamatan Ngadirejo. Konsep Manggong PRAWIRO diambil dari bahasa Jawa yang berarti terbaik, kuat, dan pemberani. 

Sebab, selama ini Kelurahan Manggong menjadi yang terbaik dalam penanganan kawasan kumuh. Sehingga menjadi best practice, Manggong Kuat dalam kolaborasi penanganan kumuh, dan Manggong Pemberani dalam memberdayakan masyarakat untuk mengatasi, mengawasi, dan mengendalikan kawasan kumuh.

"Verifikasi lapangan ini merupakan tahapan terakhir pada rangkaian kegiatan Lomba Hari Habitat Tahun 2023. Harapan kami, setelah verifikasi ini peringkat Kabupaten Temanggung bisa naik, yang saat ini masih di peringkat ke empat," imbuhnya.

Pengumuman Lomba Hari Habitat 2023 rencananya akan dilakukan pada tanggal 28 Februari 2023 mendatang. Hadiah lomba diberikan dalam bentuk kegiatan fisik penanganan kawasan permukiman kumuh yang akan dilaksanakan dengan dana APBD Provinsi Jawa Tengah Tahun Anggaran 2023. 

Melalui pelaksanaan Lomba Hari Habitat Tahun 2023, diharapkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah turut berkontribusi dalam pembangunan permukiman menuju nol kumuh kabupaten/kota di Jawa Tengah. (MC.TMG/fr;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top