Iklan Layanan Masyarakat

Temanggung Raih Juara III Kategori Pasar, Anugerah IDSD Tingkat Provinsi Jateng

Senin, 07 Des 2020 17:05:58 679

Keterangan Gambar : Tri Raharjo, Staf Ahli Bupati Temanggung menerima penghargaan IDSD di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Komplek Kantor Gubernur Jawa Tengah, Rabu (25/11/2020).


Temanggung, MediaCenter - Kabupaten Temanggung meraih Juara III penghargaan Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) Kategori Pasar dari Pemerintah  Provinsi Jawa Tengah Tahun 2020. Dari 16 nominator yang terdiri dari 6 kota dan 10 kabupaten di Jawa Tengah, Kabupaten Temanggung menjadi salah satu nominator yang melaksanakan presentasi penjurian pada  Kamis (27/8/2020), di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Tengah. Presentasi disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Temanggung Hary Agung Prabowo, didampingi Kepala Bappeda Kabupaten Temanggung Ripto Susilo.

Pengumuman penghargaan Anugerah IDSD Tingkat Provinsi Jawa Tengah disampaikan secara daring dalam acara Seminar Nasional IDSD, Selasa (3 /11/2020) dan penghargaan diserahkan oleh Plh. Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah, Prasetyo Ariwibowo kepada Staf Ahli Bupati Temanggung Bidang Kemasyarakatan, Sumber Daya Manusia, Pendidikan dan Kebudayaan, Tri Raharjo di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Komplek Kantor Gubernur Jawa Tengah, Rabu (25/11/2020).

Ripto Susilo selaku Kepala Bappeda Kabupaten Temanggung saat ditemui Senin (7/12/2020) menjelaskan, tahapan pengukuran IDSD diawali dengan pengisian kuesioner sejumlah 97 pertanyaan berupa pilihan ganda yang disertai Data Dukung sebagai bukti jawaban yang telah dipilih, yang dilaksanakan pada 5 Mei 2020 sampai dengan 12 Juli 2020.

“Dari tahapan pengisian kuesioner, selanjutnya diverifikasi untuk menentukan kesesuaian jawaban dengan data dukung dan setiap daerah diberikan kesempatan masa sanggah memperbaiki jawaban sebanyak 2 kali,” jelasnya.

Ripto menjelaskan, setelah proses verifikasi tahapan selanjutnya berupa penyusunan Laporan Analisis Indeks Daya Saing Daerah, yang menyajikan informasi hasil pengukuran berbagai bidang kegiatan hasil pembangunan yang telah dilakukan berdasarkan aspek, pilar dan dimensi daya saing daerah, sehingga dapat menjadi acuan rekomendasi dalam menyusun dan menerapkan strategi perencanaan pembangunan daerah agar lebih optimal, melalui pemanfaatan seluruh potensi yang dimiliki demi kesejahteraan masyarakat.

“Dari hasil rangkaian kegiatan pengukuran IDSD tersebut, setelah melalui tahapan pengisian kuesioner dan pengiriman laporan, dilakukan seleksi nominator untuk menentukan kabupaten/kota yang berhak melakukan presentasi dalam rangka penentuan penghargaan Anugerah IDSD Provinsi Jawa Tengah Tahun 2020,” imbuhnya.

Ripto menambahkan, meskipun belum menjadi juara utama namun pencapaian ini merupakan sebuah lompatan besar, mengingat peringkat IDSD Kabupaten Temanggung Tahun 2019 berada pada posisi 30, sedangkan di Tahun 2020 ini naik menjadi peringkat 12 dengan skor 3,5529 termasuk yang termasuk kategori tinggi. (MC.TMG/Bappeda;Safi;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top