Iklan Layanan Masyarakat

Temanggung Kini Miliki Laboratorium Kesehatan Daerah

Selasa, 11 Jan 2022 16:20:44 811

Keterangan Gambar : Kabupaten Temanggung kini memiliki Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) yang repesentatif. Di Labkesda baru ini, nantinya masyarakat bisa melakukan pengecekan kualitas air, makanan, dan test swab, baik itu PCR maupun antigen.


Temanggung, MediaCenter - Kabupaten Temanggung kini memiliki Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) yang repesentatif. Di Labkesda baru ini, nantinya masyarakat bisa melakukan pengecekan kualitas air, makanan, dan test swab, baik itu PCR maupun antigen.

Labkesda Kabupaten Temanggung yang berada di Jalan Suwandi Suwardi, Kota Temanggung dengan berbagai fasilitasnya, Selasa siang (11/1/2022) ditinjau langsung oleh Sekda Kabupaten Temanggung,   Hary Agung Prabowo bersama Wakil Ketua DPRD Temanggung, Tunggul Purnomo.

Menurut Kepala UPTD Labkesda Temanggung, Aris Priyanto, laboratorium yang dibangun dengan anggaran 2,4 miliar rupiah bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) ini memiliki  beberapa fasilitas,  diantaranya pemeriksaan kualitas air, pemeriksaan kualitas makanan, dan juga swab, baik itu PCR maupun antigen. Saat ini, Labkesda Temanggung juga dilengkapi instalasi pengolahan air limbah atau IPAL.

“Untuk saat ini, baru bisa untuk pemeriksaan air, makanan dan minuman, serta PCR, namun ke depan fasilitas akan terus ditambah, seperti pemeriksaan haji, sampel restaurant, cek urine dan lain lain,” terangnya.

Aris menambahkan, keberadaan Labkesda ini akan semakin mempercepat untuk mengetahui hasil uji laboratorium, seperti jika ada keracunan makanan atau minuman, tidak perlu ke laboratorium di daerah lain, bisa dilakukan uji lab di sini dan hasilnya pun akan lebih cepat diketahui.

“ Warga yang ingin PCR atau swab juga bisa dilakukan disini, setiap hari kerja mulai jam 7 pagi,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekda Hary Agung Prabowo menyambut positif adanya Labkesda di Kabupaten Temanggung , harapannya Labkesda ini bisa membantu pelayanan masyarakat Kabupaten Temanggung, khususnya di bidang kesehatan.

“Bangunan dan fasilitasnya cukup bagus, semoga juga pelayanan kepada masyarakat juga meningkat, ke depan fasilitasnya akan terus ditambah agar lebih komplit dan jauh lebih modern,” pungkasnya. (MC.TMG/dn;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top