Iklan Layanan Masyarakat

Temanggung Juara 1 Pembangunan Daerah se-Jawa Tengah

Kamis, 13 Apr 2023 20:21:57 436

Keterangan Gambar : Temanggung Juara 1 Pembangunan Daerah se-Jawa Tengah


Kabupaten Temanggung dinobatkan sebagai Juara 1 Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2023 tingkat Provinsi Jawa Tengah. Hampir semua indikator pembangunan dapat melampaui target, dan banyaknya program inovatif untuk menuntaskan berbagai masalah yang ada. Partisipasi relawan masyarakat sangat tinggi dalam membantu
program-program pemerintah.

Penghargaan PPD 2023 disampaikan oleh Gubernur Ganjar Pranowo di tengah acara Musrenbang Provinsi di Semarang, Kamis (14/4/2023). 

Temanggung mengungguli Wonogiri dan Sukoharjo yang masing-masing juara dua dan juara tiga kategori kabupaten. Untuk kategori kota, juara satu diraih oleh Kota Semarang.

Temanggung menjadi juara satu, karena dinilai banyaknya program inovatif, khususnya bidang penanganan sampah, konservasi lingkungan, tani pekarangan, pelatihan wirausaha dan bantuan permodalan untuk masyarakat pra sejahtera penerima program PKH, Puskesmas Berdaya, pengembangan desa wisata, pemajuan seni budaya tradisional, dan lain-lain.

Berbagai program itu telah mampu meningkatkan indikator pembangunan. Pertumbuhan ekonomi mencapai 5,27 mengungguli semua kabupaten/kota di eks-karesidenan Kedu, tingkat kemiskinan menurun ke angka 8,50, tingkat pengangguran terbuka 2,52 paling rendah di Jawa Tengah, dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kategori tinggi 71,77, meningkat dibanding tahun 2018 yang masih kategori sedang di angka 68. PDRB mencapai angka 30,93 juta rupiah per kapita per tahun melampaui target 28,45 juta per kapita.

Menyusul ditetapkan sebagai juara 1 tingkat propinsi, maka sekarang Temanggung dikirim mengikuti penilaian PPD tingkat nasional di Bappenas RI. Saat ini, Temanggung telah sampai pada penilaian terakhir dan masuk dalam 12 besar nasional. (Prkpm)

Pencarian:

Komentar:

Top