Iklan Layanan Masyarakat

Temanggung Deklarasikan ODF dan Canangkan Germas
Umum Sosial Kebudayaan Dan Pariwisata Pendidikan Ekonomi INSANIF PUSKOMKREF Sistem Informasi Desa (SID) PPID STATISTIK INFORMATIKA KOMUNIKASI KOMINFO Agenda OPD SEPUTAR TEMANGGUNG BERITA NASIONAL hoax terkini


admin 28 Nov 2019 29
Blog single photo

Temanggung, MediaCenter –‎ Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, menggelar deklarasi bebas perilaku buang air besar sembarangan atau Open Defecation Free (ODF) dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dalam rangka menurunkan angka stunting untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan warga,

Kegiatan dilaksanakan Rabu (28/11/2019), di Halaman Gedung Pemuda dengan dihadiri oleh Forkompinda, Camat dan Muspika se-Kabupaten Temanggung,

Selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Suparjo menjelaskan, bahwa selama ini telah dilaksanakan kegiatan pencanangan Germas dan ODF di semua Puskemas dan kecamatan se-Kabupaten Temanggung pada tahun 2019.

"Dilaksanakannya pencanangan Germas dan deklarasi ODF di tingkat kabupaten, karena Germas itu bukan suatu program, namun suatu gerakan artinya melibatkan semua komponen bangsa, semua unsur di daerah Kabupaten Temanggung harus terlibat, baik dari pemerintah, dunia usaha, lembaga sosial masyarakat, akademisi, dan semua kader kesehatan bahkan masyarakat luas," jelasnya.

Suparjo juga mengatakan semua kalangan harus terlibat dalam kegiatan tersebut sehingga pencanangannya dilakukan pada setiap tingkatan administrasi dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, tingkat kabupaten, provinsi, sampai tingkat pusat dapat terlaksana dan masyarakat dapat memperoleh manfaat secara maksimal.

Kabupaten Temanggung mendeklarasikan bebas buang air besar sembarangan, dimaksudkan 100% warga Kabupaten Temanggung sudah tidak lagi buang air besar sembarangan, sudah bisa mengakses pada jamban yang sehat. "Namun 100% itu baru aksesnya, belum cakupan jamban. Kita masih mempunyai pekerjaan rumah 7,3% keluarga di Kabupaten Temanggung yang belum memiliki jamban, artinya mereka harus nunut dulu ke keluarga yang lain," paparnya.


Sedangkan dalam sambutannya Bupati Temanggung HM Al Khadziq mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT karena Temanggung bisa mendeklarasikan ODF 100% bebas buang air besar sembarangan.

Terlaksananya acara tersebut berkat upaya dan kerja keras seluruh masyarakat di seluruh Kabupaten Temanggung. Tidak hanya dinas dan stakeholder terkait, namun juga peran aktif warga Kabupaten Temanggung yang ingin memperoleh jaminan hidup lebih sehat dengan tidak buang air besar sembarangan. "Selain itu kalau kita tidak sehat, kalau kita sakit akan terjadi pemborosan ekonomi, produktivitas masyarakat menurun dan keuangan habis untuk mengurus biaya kesehatan," katanya.


Al Khadziq juga menjelaskan jika warga Temanggung ingin memperoleh hidup yang sehat dibutuhkan lingkungan yang sehat juga, dengan penanggulangan penyakit yang tepat oleh kader kesehatan yang penuh semangat, dinas kesehatan dan instalasi kesehatan yang ada di Kabupaten Temanggung.

“Diharapkan dengan dilaksanakan deklarasi dan pencanangan ini, warga Kabupaten Temanggung dapat lebih produktif sehingga dapat meningkatkan perekonomian dengan kondisi kesehatan yang baik,” paparnya sebelum mengakhiri sambutannya. (MC TMG/Penulis, Foto: Agung, Editor:EkaPe )

Recent Comments

Tinggalkan Komentar

Top