Iklan Layanan Masyarakat

Target Produksi Tercapai, Temanggung Surplus Gabah 20 Ribu Ton

Jumat, 26 Mar 2021 16:08:24 1678

Keterangan Gambar : Bupati Temanggung, M. Al Khadziq dan Wakil Bupati Temanggung, Heri Ibnu Wibowo melakukan panen padi di Kecamatan Parakan.


Temanggung, Media Center - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung, Jawa Tengah menyampaikan surplus gabah kering Tahun 2021 ini mencapai 20 ribu ton. Angka itu tercapai setelah target produksi berhasil dilewati.

Joko Budi Nuryanto, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Temanggung, Jumat (26/3/2021) mengatakan, pada Bulan Maret ini Temanggung bisa panen padi diluas lahan sekitar 3.676 hektare. Sedangkan pada Bulan Februari kemarin luas panen mencapai 2.014 hektare dan Bulan Januari ada sekitar 2.387 hektar. Untuk produktiftas per hektarenya mencapai 6 ton lebih.

"Tahun ini kita mengalami surplus 20 ribu ton gabah, karena produktifitas tanaman padi di Temanggung per hektarenya mencapai 6 ton," katanya.

Joko menerangkan, musim basah atau hujan yang terbilang panjang tahun ini berperan penting menjaga pasokan air di area lahan tanam milik petani di Kabupaten Temanggung. Sehingga diharapkan dengan ketersediaan air yang cukup ini membuat pasokan beras dalam menghadapi bulan puasa aman, bahkan bisa melebihi target.

"Dengan ketersediaan air yang cukup ini, pasokan beras saat menghadapi bulan puasa mendatang aman, bahkan diperkirakan melebihi target," tegasnya.

Meski mengalami surplus, namun Pemkab Temanggung terus mendorong para petani untuk menanam tanaman pangan guna mengantisipasi krisis pangan. Jumlah tambahan luasan tanaman pangan seperti padi, cabai, singkong dan ubi-ubian mencapai seribu hektare.

"Terpenuhinya produksi beras di Temanggung tersebut, karena adanya sinergitas antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah secara terus menerus dalam menjamin dan meningkatkan hasil produksi padi. Sehingga tahun ini kita bisa surplus," pungkasnya. (MC TMG/Firman;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top