Iklan Layanan Masyarakat

Svestika Vidya, Rumah Baca Otomasi Pertama di Temanggung

Minggu, 11 Sep 2022 18:00:29 132

Keterangan Gambar : Svestika Vidya, Rumah Baca Otomasi Pertama di Temanggung


Temanggung, MediaCenter - Rumah Baca Svestika Vidya diresmikan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinpusip) Kabupaten Temanggung, Minggu (11/9/2022).

Dalam peresmian, juga diadakan Dongeng Literasi anak-anak bersama Kak Lukman dari Kampung Dongeng Temanggung. Anak-anak mulai dikenalkan kegiatan gemar membaca sejak usia dini. 

Rumah baca yang berlokasi di RW 10 Perumahan Candiasri, Desa Candimulyo, Kecamatan Kedu merupakan program yang dinaungi oleh TP-PKK RW 10 Perum Candiasri, Desa Candimulyo. 

Arlinda Fety, selaku Ketua Pengurus Taman Baca Svestika Vidya menyampaikan, tujuan pendirian Taman Bacaan adalah sebagai pusat belajar dan budaya literasi, wadah komunikasi dan bersosialisasi bagi warga, serta sebagai forum diskusi masyarakat. 

"Rumah baca yang memiliki arti ilmu pengetahuan untuk menuju kebaikan ini mempunyai berbagai program. Selain program gemar membaca buku teks, juga berbagai kegiatan, seperti permainan edukasi anak-anak, forum remaja, kegiatan parenting dan pelatihan ketrampilan lainnya," terangnya. 

Sistem otomasi juga sudah digunakan di Taman Bacaan ini, dengan menggunakan Senayan Library Information System (SLIms), dan merupakan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) pertama di Kabupaten Temanggung yang sudah menggunakan otomasi. 

"Hal ini sangat bagus dan menjadi percontohan untuk TBM yang lain. Ke depan, TBM ini diharapkan bisa berkembang dan bersinergi dengan perpustakaan desa dan perpustakaan daerah, serta dengan berbagai pihak," tegas Dwi, Kabid Perpustakaan Dinpusip Kabupaten Temanggung. 

Untuk sementara, Taman Bacaan ini dibuka untuk umum setiap hari Jumat mulai pukul 2 siang - sampai pukul 5 sore dan bisa dibuka setiap waktu dalam acara-acara atau kegiatan tertentu. (MC.TMG/dps;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top