Iklan Layanan Masyarakat

Staf Ahli Se-Jateng Nikmati Alam dan Komoditas Khas Lereng Sindoro
Umum Sosial Kebudayaan Dan Pariwisata Pendidikan Ekonomi INSANIF PUSKOMKREF Sistem Informasi Desa (SID) PPID STATISTIK INFORMATIKA KOMUNIKASI KOMINFO Agenda OPD SEPUTAR TEMANGGUNG BERITA NASIONAL hoax terkini


admin 15 Feb 2020 53
Blog single photo

Temanggung-Mediacenter. Peserta Rakor Staf Ahli se-Jawa Tengah, menikmati suasana pagi di Tempat Wisata Alam Posong, Kabupaten Temanggung, Kamis ( 13/02/2020).

Berangkat pagi buta sebelum Adzan Subuh berkumandang, seluruh peserta Rakor Staf Ahli berangkat dari hotel tempat menginap dan melaksanakan kegiatan menuju Wisata Alam Posong yang ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit, rombongan sempat berhenti di Masjid Desa Catgawen, Kecamatan Parakan untuk melaksanakan Solat Subuh.

Rombongan yang dipimpin Pj Sekda Kabupaten Temanggung Budi Santoso, sampai di Wisata Alam Posong pukul 4.45 WIB, suasana dingin sedikit berkabut menyambut rombongan, di lokasi sudah disediakan berbagai makanan ringan sebagai penghangat tubuh, berupa gorengan dan kopi asli Desa Tlahab, yang terkenal akan kopi Arabikanya, tidak lupa juga disediakan Lintingan (racikan untuk membuat rokok tradisional) khas Temanggung.

Suasana yang sedikit mendung dimanfaatkan peserta untuk mengambil foto dengan latar belakang Gunung Sindoro dan Sumbing, walaupun kebanyakan peserta sudah melebihi kepala empat, tapi keceriaan menikmati suasana alam Temanggung tampak dari wajah peserta.

"Jujur saya baru pertama kali ke Posong, setelah dua bulan menjabat sebagai Pj Sekda, ternyata mengasikkan dan sangat bagus pemandangannya, kita bisa melihat matahari terbit dengan pemandangan 5 gunung sekaligus, ini pengalaman pertama kali saya menikmati alam Temanggung"  diungkapkan Pj Sekda Budi Santoso.

"Saya membeli oleh- oleh kopi juga tembakau lintingan, walaupun saya tidak merokok saya kepingin pamer ke teman-teman, bahwa kopi dan tembakau Temanggung sangat enak, seperti slogan Temanggung yang berbunyi Temanggung Kota Tembakau, biar banyak teman-teman saya tertarik datang ke Temanggung" tambahnya, sambil tertawa diantara peserta yang ikut.

Kegiatan wisata dilanjutkan sarapan dengan menu ala ndeso, nasi merah kluban urab dan tempe bacem, juga ada peyek gereh. Setelah dari Wisata Alam Posong rombongan dibawa ke tempat pengolahan Kopi Arabika, di tempat tersebut peserta ditunjukan proses pengolahan kopi yang baik, dari proses basah maupun kering, mulai pemetikan, pengeringan sampai proses roasting. Setelah dari tempat pengolahan kopi, peserta disuguhi cara penyajian kopi di salah satu rumah kopi yang terletak di Parakan.

Wisata alam yang disajikan panitia untuk peserta Rakor Staf Ahli se-Jawa Tengah merupakan salah satu pengenalan kekayaan alam dan komoditas yang ada di Temanggung, dibidang pariwisata dan pertanian, khususnya komoditas unggulan yaitu tembakau dan kopi.   (MC TMG/coeplistyo  ,Editor:Ekape)

Recent Comments

Tinggalkan Komentar

Top