Iklan Layanan Masyarakat

SMK Tembarak Launcing Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Jumat, 02 Sep 2022 07:46:45 560

Keterangan Gambar : SMK Tembarak Launcing Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila


Temanggung, MediaCenter - Sebagai salah satu sekolah kejuruan yang terus berkembang dan maju di Kabupaten Temanggung, SMK Tembarak terus melakukan inovasi, salah satunya dengan melauncing Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Launcing P5 diselenggarakan pada Rabu (31/8/2022) di halaman SMK Tembarak, ditandai dengan penandatanganan panduan pelaksanaan P5 dan pelepasan 50 ekor burung merpati oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah 8, Hikmah Nurbaiti, didampingi kepala sekolah dan guru SMK Tembarak dan segenap tamu undangan.
 
Menurut Kepala SMK Tembarak, Aster Aswiny, launcing ini menandai dimulainya pelaksanaan P5 yang merupakan bagian tak terpisahkan dari Kurikulum Merdeka .

“Pada tahun ajaran 2022/2023 kita menggunakan Kurikulum Merdeka, yang di dalamnya terdapat Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila,” ujarnya. 
 
Ia menambahkan, P5 memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter, sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. 

Sementara itu, koordinator P5 SMK Tembarak, Prasetyo mengatakan ada lima tema yang akan dilaksanakan oleh siswa di tahun ajaran 2022-2023, kelima tema itu adalah bangun jiwa dan raganya, suara demokrasi , kebersamaan kelas sepuluh , kebersamaan kelas sebelas dan yang terakhir kearifan lokal dan perayaan P5.

“Beberapa tema akan dilakukan oleh siswa dengan menggandeng pihak lain, bahkan warga, contoh seperti suara demokrasi kita gandeng KPU Temanggung untuk pembelajaran demokrasi, kebersamaan kelas sepuluh dan sebelas juga melibatkan warga sekitar di Kecamatan Tembarak,” paparnya. 

Di tempat yang sama, Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan wilayah 8, Hikmah Nurbaiti, mengaku sangat mengapresiasi launching P5 di SMK Tembarak yang dikemas secara bagus, meriah dan menarik. Harapannya, dengan pelaksanaan P5 bisa menghasilkan siswa yang berakhlak mulia, cerdas,  kompetensi siswa meningkat sesuai dengan tuntutan dunia usaha dan tentunya siswa bertambah bahagia.

“Atitude yang bagus, terampil, cerdas, dan kompetitif tentunya itu kita harapkan untuk siswa SMK Tembarak agar terus maju,” pungkasnya. (MC.TMG/dn;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top