Iklan Layanan Masyarakat

Siswa SMK 17 Parakan: Lebih Praktis Gunakan E-Voting dalam Pilketos

Rabu, 16 Feb 2022 16:24:28 620

Keterangan Gambar : Siswa SMK 17 Parakan menyelenggarakan pemilihan Ketua OSIS melalui e-Voting, Rabu (16/2/2022).


Temanggung, MediaCenter - KPU Kabupaten Temanggung kembali memfasilitasi penyelenggaraan Pemilihan Ketua OSIS (Pilketos) melalui e-voting atau pemberian suara secara elektronik. Kali ini, KPU Kabupaten Temanggung memfasilitasi Pilketos SMK 17 Parakan, Rabu (16/2/2022). 

Para siswa pun memandang Pilketos menggunakan e-voting kali ini lebih praktis, cepat dan mudah.  

“Ya kali ini lebih cepat dan lebih mudah ya karena tinggal scan barcode dan langsung dapat memilih,” ungkap Yehuda Putra, siswa kelas XI. 

Hal yang sama juga dirasakan Khusna Faya, siswi kelas XII, ia memandang memilih dengan menggunakan teknologi e-voting lebih praktis dibandingkan Pilketos sebelumnya yang menggunakan kertas surat suara dan alat coblos. 

“Ya ini jadi lebih praktis, karena tinggal pencet (memilih calon dengan menekan pada layar smartphone), tidak lagi (mencoblos) pakai paku,” cerita Khusna. 

Sejalan dengan itu, Ratna, salah satu staf pengajar pada SMK 17 Parakan juga menilai dengan penggunaan e-voting kali ini lebih efektif dan mengurangi penggunaan kertas. 

“Ya penggunaan kertas dapat diminimalisir ya, sampah kertasnya berkurang. Selain itu, juga penghitungan juga menjadi lebih cepat,” tutur Ratna. 

Seperti pemilihan-pemilihan sebelumnya yang menggunakan e-voting, Pilketos SMK 17 Parakan ini menggunakan perangkat smartphone berbasis android yang telah terinstal aplikasi e-voting. 

Selanjutnya, para siswa yang hadir diberikan kertas berisi barcode sebagai Ballot ID dan dipindai ke aplikasi e-voting. Setelah berhasil memindai, aplikasi akan mengalihkan ke laman yang berisi foto dan visi misi kandidat. Siswa dapat langsung memilih salah satu kandidat dengan menekan layar pada foto kandidat.
 
Dalam penyelenggaraan Pilketos ini, KPU Kabupaten Temanggung juga mengajak para siswa yang nanti akan menjadi Pemilih Pemula pada Pemilu Serentak Tahun 2024 untuk menjadi Pemilih Cerdas. 

“Nanti, kalau sudah berumur 17 tahun dan menjadi Pemilih pada Pemilu, adik-adik perlu mencermati beberapa hal agar tidak salah dalam memilih, yaitu cermati visi misi calon serta cermati rekam jejak calon,” tutur Henry Sofyan Rois, Anggota KPU Kabupaten Temanggung. 

Selain itu, Henry juga menekankan kepada para siswa agar menolak politik uang, menghindari berita bohong (hoak) serta tidak menggunakan politisasi SARA. Henry pun mengingatkan agar para siswa yang telah berusia 17 tahun untuk mengecek apakah telah terdaftar sebagai pemilih dalam Pemilu atau belum.

“Jangan lupa juga untuk mengecek apakah sudah terdaftar sebagai pemilih, sehingga ketika Pemilu nanti dapat menggunakan hak pilihnya,” lanjut Henry. 

Selain pelaksanaan Pilketos, juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara KPU Kabupaten Temanggung dan SMP 17 Parakan. Adapun salah satu isi kesepakatan dalam MoU tersebut ialah penyelenggaraan sosialisasi serta pendidikan pemilih bagi para siswa SMK 17 Parakan di bidang kepemiluan. (MC.TMG/ar;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top