Iklan Layanan Masyarakat

Sinema Sindoro Sumbing Komunitas Perfilman Temanggung

Minggu, 28 Mar 2021 15:19:06 576

Keterangan Gambar : Pemutaran film karya Sinema Sindoro Sumbing.


Temanggung, Media Center- Sekelompok anak muda pecinta film membuat gebrakan dengan karya film yang diputar di Gedung Sasana Pustaka  Perpustakaan Daerah Kabupaten Temanggung, Sabtu malam (27/2/2021).

Sebelum acara dimulai, diputar dulu beberapa film pendek karya anggota komunitas tersebut dan bedah film, juga diskusi seputar pembuatan film serta cara membuat naskah.

Dari awal kumpul bareng dan bercerita soal film atau sekedar mengulas film, teknik pengambilan gambar, pembuatan naskah ataupun mengulik alat cinematografi, tercetus gagasan pembuatan film pendek untuk mengekspresikan ide dalam bentuk karya.

Keadaan lingkungan maupun kehidupan masyarakat saat ini menjadi topik utama dalam berkarya, sebagai penyampaian pesan melalui film atau karya visual.

Alwi Johan atau akrab disapa Alwijo sebagai ketua panitia pengukuhan dan ketua komunitas film mengungkapkan ketakutan dan tidak percaya diri dalam mengakomodir rekan sesama pecinta film, tetapi keinginan rekan-rekan untuk selalu berkarya, membuat ketakutan menjadi semangat membara.

"Sebenarnya saya takut untuk melangkah dalam perfilman di Temanggung, tetapi banyak masukan dari teman-teman dan juga para senior saya yang menyemangatinya, dan kalau dilihat ke belakang tanpa sengaja selama satu tahun ini kita sering ketemu dan selalu berdiskusi seputar film juga, maka kita sepakat membuat satu wadah untuk menampung teman teman dalam berkarya, sehingga terbentuklah komunitas ini" ujarnya.

"Dari kebiasaan berdiskusi itu, kita sepakat memakai nama Sinema Sindoro Sumbing disingkat SSS," tambahnya. 

Sugeng Riyadi yang hadir mewakili Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung, menyambut baik atas terbentuknya komunitas film Kabupaten Temanggung.

"Saya mewakili kepala dinas yang sedang ada kegiatan di luar kota megapresiasi dan menyambut gembira atas terbentuknya komunitas film ini, untuk mewarnai kancah kesenian dalam bentuk film, karena pada jaman sekarang karya secara visual mempunyai kancah dan wadah di dunia maya, saya berpesan tetap berkarya untuk kemajuan Kabupaten Temanggung tercinta ini, kalau bisa galilah cerita-cerita tentang Temanggung dari sisi kreativitas yang menarik," ujarnya disela sambutannya. (MC TMG/Coep;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top