Iklan Layanan Masyarakat

SIMAPUT PSC 119, Siap Antar Jemput Masyarakat dengan Kegawatdaruratan Kesehatan

Rabu, 24 Mei 2023 07:20:06 393

Keterangan Gambar : SIMAPUT PSC 119, Siap Antar Jemput Masyarakat dengan Kegawatdaruratan Kesehatan


Temanggung, MediaCenter - Public Service Center (PSC) 119 Temanggung yang bermarkas di seberang Dinas Kesehatan Temanggung siap memberikan pelayanan kegawatdaruratan kesehatan kepada masyarakat Temanggung secara gratis. Ketua Tim Rujukan PSC 119, Liswati, yang ditemui pada Selasa (23/5/2023) siang menjelaskan, PSC 119 merupakan pelayanan Pra-Fasyankes (Fasilitas Pelayanan Kesehatan) di bawah naungan Dinas Kesehatan Temanggung yang standby 24 jam. 

"PSC 119 adalah pelayanan Pra-Fasyankes (Puskesmas dan Rumah Sakit), kita membawahi 26 Puskesmas yang ada di tiap kecamatan se-Kabupaten Temanggung dan 4 Rumah Sakit, yaitu RSUD Temanggung, RS PKU Muhammadiyah, RSK Ngesti Waluyo Parakan, dan RS Gunung Sawo. Pelayanan Pra-Fasyankes ini kami melayani seluruh masyarakat Temanggung yang membutuhkan pelayanan kegawatdaruratan kesehatan. Kami siap melayani 24 jam setiap hari, dari Senin hingga Minggu, Tim PSC 119 selalu standby," tandas Liswati, Ketua Tim Rujukan PSC 119 Temanggung. 

Dijelaskan lebih lanjut, PSC 119 memberikan fasilitas pelayanan kegawatdaruratan kesehatan kepada seluruh masyarakat Temanggung sebelum dilakukan rujukan ke Fasyankes terdekat. Masyarakat Temanggung yang membutuhkan pelayanan PSC 119 dapat langsung menghubungi nomor 081-3121-89-119 dan Tim PSC 119 akan segera merespon dan memberikan pelayanan kegawatdaruratan. 

"PSC 119 ini kami memfasilitasi, baik dari mobil ambulance dengan fasilitas kesehatan lengkap, jadi kami melakukan penanganan sebelum dirujuk ke Fasyankes yang terdekat. Jadi kalau setelah ditangani PSC sudah membaik, kami tidak langsung rujuk dan pindah ke Fasyankes. Kami lihat dahulu, head to toe, kami cek kondisinya terlebih dahulu,” jelasnya.

Tahun ini, PSC 119 melaunching program "SIMAPUT" yaitu Siap Antar Jemput secara gratis. Namun karena memang masih ada keterbatasan tenaga, sehingga masih melayani di dalam kota. Namun masyarakat di luar Kecamatan Temanggung tidak perlu khawatir, karena PSC 119 memiliki jejaring pada tiap kecamatan, sehingga memudahkan berkoordinasi pada 26 Puskesmas.

Liswati menambahkan, gedung markas PSC 119 yang berlokasi di seberang Dinas Kesehatan Temanggung merupakan hibah dari Kepala Dinas Kesehatan, dan tahun 2023 ini akan dibangun ulang menjadi gedung dengan tiga lantai. Harapannya, PSC 119 kedepan dapat menjangkau masyarakat Temanggung hingga ke pelosok, sehingga dapat lebih cepat membantu masyarakat dengan kegawatdaruratan kesehatan. 

"Jadi memang gedung PSC 119 itu berasal dari hibah Rumah Kepala Dinas Kesehatan yang lama, InsyaAllah tahun ini akan dibongkar dan dibangun menjadi tiga lantai. Lantai dasar untuk pelayanan, lantai dua untuk aula, dan lantai tiga untuk gudang dan lain-lain. Harapan kami, semoga kedepannya PSC 119 lebih bagus lagi, seluruh masyarakat Temanggung, baik di kota maupun di pelosok itu semua sudah bisa terjangkau dan bisa menikmati fasilitas PSC 119. Dengan bantuan dari aparat Kepolisian, TNI, dan relawan-relawan. Jadi apapun itu, kegawatan di jalan, pingsan di jalan, kecelakaan di jalan, jangan sampai tidak dapat layanan," pungkasnya. (MC.TMG/nin;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top