Iklan Layanan Masyarakat

Siapkan Anak Didik Sukses Masuk Dunia Kerja dengan Simulasi Tes Kerja

Rabu, 12 Jan 2022 09:05:26 1012

Keterangan Gambar : SMK Bhumi Phala Kabupaten Temanggung berupaya menyiapkan anak didiknya untuk menapaki sukses di dunia kerja pasca lulus sekolah. 


Temanggung, Media Center - SMK Bhumi Phala Kabupaten Temanggung berupaya menyiapkan anak didiknya untuk menapaki sukses di dunia kerja pasca lulus sekolah. 

Salah satunya adalah dengan menggelar pelatihan psikotes dan wawancara kerja yang sebelumnya sempat tertunda akibat pandemi Covid-19. Dalam pelatihan tersebut diikuti sebanyak 337 siswa kelas XII yang akan lulus tahun ini dan siap menghadapi dunia kerja.

"Kegiatan pelatihan ini agar calon lulusan SMK Bhumi Phala (Mipha), terutama kelas XII yang sekarang ini bisa siap menghadapi dan memasuki dunia kerja, karena mereka nantinya harus melalui tes rekrutmen tenaga kerja yang biasanya berupa tes psikotes dan wawancara," kata Koordinator Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Mipha Parakan, Meiana Primahati, Rabu (12/1/2022).

Ia menyebutkan, ada tiga materi tes psikotes yang diberikan, yakni tes kemampuan dasar, kepribadian dan sikap, serta tes wawancara. Pelatihan tiga materi tersebut sangat penting diberikan, karena kebanyakan dari mereka gagal dalam tes psikotes dan wawancara. 

"Tes ini penting karena berdasarkan pengamatan kami, mereka itu tidak tahu harus menjawab pertanyaan dari rekruter saat wawancara, jadi itu kan ada tips dan kiat-kiatnya, dalam pelatihan ini semuanya dibahas," imbuhnya. 

Dalam pelatihan ini, pihaknya menggandeng psikolog untuk menjadi pemateri. Selain pelatihan, dalam kegiatan ini juga diisi dengan memberikan gambaran dan motivasi bagi para siswa terkait pilihannya selepas lulus sekolah nantinya. 

"Apakah melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, langsung bekerja atau membuka wirausaha sendiri," imbuhnya.

Salah seorang siswa peserta pelatihan, Arlita Prasetyana menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya pelatihan tersebut menjadi bekal bagi dirinya yang nanti memilih untuk bekerja di perusahaan impiannya.

"Senang, tadi dikasih tahu kalau ditanya ini jawabnya gini, jadi menambah ilmu dan jadi lebih tahu gambaran dunia kerja nantinya," pungkasnya. (MC.TMG/fr;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top