Iklan Layanan Masyarakat

Setelah Lama Vakum Akibat Pandemi, Soropadan Agro Festival 2022 kembali Digelar

Rabu, 26 Okt 2022 19:40:12 2521

Keterangan Gambar : Setelah Lama Vakum Akibat Pandemi, Soropadan Agro Festival 2022 kembali Digelar


Temanggung, MediaCenter – Bertempat di Agro Center Soropadan, Jl. Raya Magelang-Semarang Km. 12,8 Soropadan, Pringsurat, Temanggung diselenggarakan Soropadan Agro Festival Tahun 2022, tanggal 24-26 Oktober 2022.

Kegiatan yang mengambil tema Bangkit Bersama Petani Jawa Tengah Menuju Kedaulatan  Pangan Nasional, dalam pembukaanya dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Perwakilan Kementerian Koordinator Perekonomian Franky Sibarani, Bupati Temanggung HM. Al Khadziq, Kapuslatan BPPSDMP Kementerian Pertanian, Leli Nuryati dan seluruh perwakilan Kepala Dinas Pertanian kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Kegiatan yang bertujuan sebagai ajang promosi produksi pertanian di Jawa Tengah ini diikuti oleh P4S (Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya, Petani Milenial, Kelompok Wanita Tani (KWT), Sektor Pendidikan dan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dari kabupaten/kota di Jawa Tengah dan tidak kurang 248 stand ikut dalam kegiatan ini. 

Ganjar menjelaskan, bahwa kegiatan Soropadan Agro Festival  ini bisa sebagai ajang promosi yang berkompeten di pasar. Sebagai kedaulatan pangan dengan menampilkan sumber makanan alternative dan inspiratif untuk petani muda. Hal ini dijelaskan saat membuka secara resmi kegiatan Soropadan Agro Festival Tahun 2022, Selasa (25/10/2022) malam.

“Dari Soropadan Agro Festival ini bisa menampilkan produk-produk  yang punya kekuatan di pasar, kemudian bisa dipakai untuk satu hidup, dua ketahanan pangan, bahkan kedaulatan pangan, sehingga pangan-pangan alternative hari ini dapat kita tonjolkan, termasuk ini memberikan inspirasi kepada petani-petani muda,” jelasnya.

Ganjar juga memberikan secara simbolis hand bag dan plakat penghargaan juara P4S Nasional P4S Agri Damar Jati Wonosobo dan menyerahkan secara simbolis penerima bantuan CSR dan KUR dari Bank Jateng, BRI dan BNI.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Temanggung, HM. Al Khadziq menyampaikan, bahwa dengan adanya Soropadan Agro Festival 2022 memberi pembelajaran dan inspirasi, khususnya masyarakat Kabupaten Temanggung, karena lokasi pelaksanaannya yang berada di Kabupaten Temanggung.

“Dengan adanya Soropadan Agro Festival memberi pembelajaran dan inspirasi, khususnya di Kabupaten Temanggung, karena tempat dan venue di Kabupaten Temanggung. Ada banyak inovasi di bidang budidaya tanaman-tanaman, khususnya tanaman pangan, juga ada inovasi di bidang pengolahan hasil dan jaringan pasar yang lebih luas lagi,” jelasnya.

Bupati bersyukur, bahwa di Kabupaten Temanggung, semua tanahnya subur dan dapat ditanami tanaman pangan dan berharap para petani Temanggung dapat belajar dari expo ini untuk mengembangkan produk-produk pertanian di Kabupaten Temanggung.

“Alhamdulillah Kabupaten Temanggung tanahnya subur, dapat ditanami tanaman pangan, pemerintah daerah akan terus menggiatkan seluruh masyarakat untuk menanam tanaman pangan. Jangan sampai kita di lumbung pangan kekurangan pangan dan di Soropadan Agro Festival 2022 ini memberi banyak pembelajaran dan inspirasi para petani, khususnya di Kabupaten Temanggung,” tandasnya. (MC.TMG/Ekn;Tfa;Ekp;Ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top