Iklan Layanan Masyarakat

Sensus Penduduk 2020 Berlanjut ke Tahap Secara Langsung

Kamis, 06 Agu 2020 14:13:03 875

Keterangan Gambar :


Temanggung, MediaCenter – Sebagai tahapan lanjutan dari Sensus Penduduk (SP) yang dilaksanakan secara online, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Temanggung akan menyelenggarakan SP 2020 secara langsung pada Tanggal 1 sampai 30 September mendatang. 

Kepala BPS Kabupaten Temanggung Haryono menjelaskan, meskipun pandemi Covid-19 belum berakhir, BPS Temanggung tetap akan melaksanakan SP 2020, meskipun dengan keterbatasan diberbagai hal.

“Karena Sensus Penduduk adalah tugas pokok kami, sehingga dengan segala keterbatasan yang ada, tetap akan kami laksanakan,” ungkapnya saat ditemui Tim Media Center di Temanggung, Kamis (06/08/2020).

Ia menjelaskan, setelah tahapan sensus secara online dilakukan, sebagai tahap selanjutnya BPS Temanggung akan mencetak daftar penduduk menurut Satuan Lingkungan Setempat (SLS) untuk dilakukan pemeriksaan yang kemudian digunakan sebagai bahan verifikasi data penduduk di lapangan.

“Data penduduk kita cetak, kemudian kita periksa dan untuk selanjutnya kita lakukan verifikasi di lapangan,” jelasnya.

Untuk melaksanakan SP 2020, BPS Temanggung akan menerjunkan sejumlah 765 petugas yang terdiri dari 745 petugas sensus serta 20 koordinator kecamatan.

“Kami akan menerjunkan petugas yang saat ini sedang kami rekrut sejumlah 745 orang petugas sensus ditambah 20 orang koordinator sensus di kecamatan,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, setelah proses rekrutmen dilakukan para petugas akan diberikan pembekalan dan akan diterjunkan mulai tanggal 1 September mendatang.

Haryono mengungkapkan, dengan adanya kondisi yang serba terbatas dari berbagai sisi sebagai akibat dari pandemi Covid-19, pihaknya hanya dapat menyajikan data yang terbatas diantaranya jumlah penduduk menurut jenis kelamin, menurut keberadaan baik secara de facto maupun de jure serta data penduduk yang memiliki NIK.

“Kita mohon bantuan pendampingan dari Ketua RT dan juga masyarakat ketika nanti ada petugas kami yang datang untuk diterima dengan baik, sehingga kita bisa menyelesaikan sensus ini dengan sebaik-baiknya,“ pungkasnya (MC.TMG/Safi;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top