Iklan Layanan Masyarakat

Seleksi Anggota Paskibraka Tahun 2023 Dimulai

Rabu, 15 Mar 2023 22:33:23 880

Keterangan Gambar : Seleksi Anggota Paskibraka Tahun 2023 Dimulai


Temanggung, MediaCenter - Wakil Bupati Temanggung, Heri Ibnu Wibowo mengikuti sekaligus membuka kegiatan Seleksi Calon Anggota Parade Paskibraka Kabupaten Temanggung Tahun 2023 yang bertempat di GOR Bambu Runcing Temanggung, Rabu (15/3/2023).

Kepala Bankesbangpol Djoko Prasetyono, tim pelatih dari unsur TNI dan Polri, Dinas Kesehatan, Purna Paskibraka, praktisi pendidikan, dan seluruh peserta anggota calon Paskibraka dari berbagai sekolah di Kabupaten Temanggung hadir, sekaligus mengikuti kegiatan tersebut.

Wabup mengungkapkan, proses seleksi anggota Paskibraka dengan sistem terbaru, pada tahun 2023 tersebut menjadikan keleluasaan bagi sekolah-sekolah dalam mengirimkan para siswa-siswinya untuk mengikuti seleksi calon anggota Paskibraka.

“Paskibraka ini menjadi daya tarik, apalagi bisa diterima jadi anggota Paskibraka ini juga suatu kebanggaan untuk pribadi masing-masing siswa, kebanggan sekolah, dan tentunya kebanggaan untuk orang tua,” ungkap Wabup.

Memaksimalkan kesempatan dengan mempersiapkan mental, fisik, dan ilmu pengetahuan untuk mengikuti pelaksanaan seleksi yang tidak hanya digunakan untuk tingkat kabupaten, Wabup mengatakan, seleksi tersebut juga akan digunakan untuk tingkat provinsi dan nasional. 

“Keseriusan dan kedisiplinan untuk mengikuti tahapan-tahapan ini harus dipersiapkan dengan baik. Harapannya, InsyaAllah besuk bisa menguasai mayoritas Paskibraka tingkat provinsi maupun Paskibraka tingkat nasional,” harap Wabup.

Wawasan kebangsaan, serta rasa nasionalisme menjadi bekal yang sangat penting bagi calon anggota Paskibraka. Untuk itu, Wabup mengajak tidak hanya anggota seleksi Paskibraka saja yang harus memiliki wawasan kebangsaan dan rasa nasionalisme, tetapi juga seluruh anak-anak sekolah, khususnya di Kabupaten Temanggung.

“Karena itu, menjadi kekuatan bangsa dan negara kita, kalau rasa nasionalisme nya sudah tidak ada, negara ini akan mudah untuk dihancurkan. Mereka peduli terhadap bangsa dan negara ini, mulai dari lingkungannya masing-masing.” tegasnya.

Djoko Prasetyono menjelaskan, proses seleksi yang akan ditempuh oleh calon anggota Paskibraka akan dimulai dari tahap seleksi parade, meliputi tes fisik calon anggota Paskibraka, tes wawasan kebangsaan, tes intelegensia umum, tes kesemaptaan, tes peraturan baris-berbaris, dan tes kepribadian, dengan melibatkan berbagai unsur terkait dilaksanakan secara transparan. 

“Yang paling penting, seleksi ini dilaksanakan dengan asas transparansi, semua orang berhak untuk mendaftar dan dilaksanakan dengan sistem yang sangat terbuka. Tahun ini, dilaksanakan oleh Kesbangpol yang mana tahun lalu di laksanakan oleh Dindikpora,” jelasnya. (MC.TMG/wll;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top