Iklan Layanan Masyarakat

Sekda Kabupaten Temanggung Berharap PPK Tidak Menunda Pekerjaan

Kamis, 12 Mar 2020 10:06:54 96

Temanggung, Media Center – Hari Agung Prabowo selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Temanggung membuka acara Workshop Penyusunan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa di Gedung Graha Bumi Phala yang dihadiri oleh seluruh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) se Kabupaten Temanggung, Rabu (11/02/2020).
Latar belakang kegiatan diadakannya workshop tersebut karena banyaknya pengadaan barang dan jasa yang dalam pembuatan kontraknya masih belum sesuai dengan yang ditetapkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Workshop tersebut bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan bagi pelaksanaan kegiatan pengadaan, menambah wawasan dan menciptakan pemahaman yang sama, sehingga PPK dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya.
Banyak harapan yang dilontarkan oleh Hari Agung Prabowo kepada semua PPK yang hadir dalam forum tersebut. "Karena kegiatan tahun 2020 ini sangat luar biasa banyaknya. Oleh karena itu dimohon dengan sangat ke seluruh PPK yang hadir harus betul-betul mencerna materi yang disampaikan oleh narasumber dan nanti diimplementasikan di OPD masing-masing," harap Agung dalam sambutannya.
“Mudah-mudahan nanti pada waktu workshop semuanya hadir, tidak hanya melihat tapi mendengarkan dan mencerna semuanya apa yang disampaikan”, tambahnya.
Harnani Intihandari selaku Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten Temanggung menjelaskan kadang dalam herarki, dalam pelaksanaannya itu ada yang saling tumpang tindih tanpa ada yang memperhatikan adanya urutan tata cara dalam pelaksanaan perancangan kontrak. Jadi nanti kalau kontrak sudah benar, maka nanti dalam pengadaannya akan lebih mudah karena pengaturan spek, pengaturan pelaksanaan pengadaan barang jasa itu sudah tercover dalam pengaturan kontraknya. Tidak ada yang terlewat jadi masing-masing pihak antara PPK dan penyedia barang berpedoman pada kontrak yang sudah dibuat.
Banyaknya PPK yang kadang setelah mendapatkan mandat untuk menjadi PPK, belum membaca aturan yang seharusnya diterapkan. Jadi dengan adanya workshop ini, kita memanggil narasumber dari LKPP, sehingga nanti akan memberikan semacam refreshing dan pencerahan terhadap PPK. Sehingga nanti akan melakukan kegiatannya sesuai jalurnya dan kontrak yang akan dilakukan sudah jelas.
“Mudah-mudahan teman-teman semuanya yang hadir disini, nanti pada proses pelaksanaan pekerjaan kegiatan itu bisa langsung action/goal langsung tidak perlu bertanya lagi. "Saya harap kegiatan workshop ini dapat benar-benar dioptimalkan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di bidang pengadaan”, imbuh Hari Agung Prabowo.
Sekda juga menganjurkan setelah kegiatan selesai, segera lakukan langkah-langkah strategis, jangan terlalu lama. Awal Desember merupakan waktu terakhir untuk proses seluruh kegiatan selesai, jangan seperti tahun kemarin. Terutama pekerjaan yang sifatnya administrasi, pembelian barang, dalam rangka proses mempercepat kegiatan kantor, dahulukan jangan ditunda, karena sifatnya mendukung kegiatan.
“Saya tidak mau lagi itu terjadi lagi ditahun ini dan tahun mendatang”, tegas Sekda mengakhiri sambutannya. (MC TMG/Cahya;Ekape)

Komentar:

Ketik Komentar

Top