Iklan Layanan Masyarakat

Satu Pekan Jelang Lebaran, Harga Daging Ayam dan Sapi Masih Stabil

Jumat, 14 Apr 2023 18:29:40 664

Keterangan Gambar : Satu Pekan Jelang Lebaran, Harga Daging Ayam dan Sapi Masih Stabil


Temanggung, Media Center - Satu pekan menjelang Lebaran, harga daging ayam dan daging sapi di sejumlah pasar di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah masih stabil. 

Pemantauan di Pasar Kliwon Temanggung, untuk harga daging ayam potong mencapai Rp 33.000 per kilogram, sementara untuk daging sapi  Rp 130.000 hingga Rp 135.000 per kilogram untuk kualitas super. 

"Harga daging sapi masih stabil, belum ada kenaikan harga, sekarang harganya Rp 130.000 hingga Rp 135.000 per kilogram, itu untuk kualitas daging yang super," kata Sumarsih (46), salah seorang pedagang daging sapi. 

Ia mengatakan, untuk ketersediaan daging sapi masih mencukupi. Rata-rata per harinya pihaknya mendapat pasokan satu kuintal daging dari Tempat Pemotongan Hewan (TPH).

Sementara itu, untuk harga daging ayam potong terpantau juga masih stabil, yakni dikisaran harga Rp 33.000 per kilo, sedangkan harga daging ayam glondongan Rp 31.000.

"Harga daging ayam potong masih Rp 33.000 per kilo, kalau daging glongsongan itu Rp31.000, dan belum ada kenaikan harga," kata Suparti (42), pedagang daging ayam. 

Meski tidak ada kenaikan harga, namun permintaan daging ayam relatif menurun. Bahkan pembeli juga masih sepi.

"Diperkirakan pembeli ramai itu pada H-2 dan H-1 Lebaran nanti," imbuhnya.

Kepala UPT Pengelolaan Pasar Daerah Temanggung, Aditya Hendi Kurniawan menjelaskan, harga daging sapi dan ayam saat ini masih stabil, karena pasokan daging dari peternak maupun Tempat Pemotongan Hewan (TPH) masih cukup memadai. Sehingga masyarakat bisa mendapat dengan harga yang terjangkau.

"Sampai saat ini belum ada kenaikan harga kedua komoditas daging itu, bahkan belum ada lonjakan pembeli. Untuk stok daging sapi dan ayam sampai saat ini juga masih aman. Untuk stok daging sapi itu per hari di pasar Temanggung 0,87 ton, dan ayam 1,78 ton," katanya.

Dengan jumlah tersebut, pihaknya menjamin ketersediaan daging sapi dan  ayam menjelang Lebaran tercukupi. (MC.TMG/fr;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top