Iklan Layanan Masyarakat

Sambut Lailatul Qodar, Narapidana Rutan Temanggung Perbanyak Tadarus Al Quran

Rabu, 27 Apr 2022 11:25:03 568

Keterangan Gambar : Warga binaan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Temanggung semakin meningkatkan ibadah dengan memperbanyak berdoa dan tadarus Al Quran


Temanggung, Media Center - Memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadhan, warga binaan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Temanggung semakin meningkatkan ibadah dengan memperbanyak berdoa dan tadarus Al Quran.

Tadarus Al Quran tidak hanya di pagi, siang dan sore hari, tetapi juga malam dan dini hari. Tadarus Al Quran pada dini hari dimaksudkan untuk 'mendapatkan' malam Lailatul Qodar.
 
Kepala Rutan Temanggung, Syaikoni mengatakan, intensitas dan kualitas ibadah di bulan Ramadhan yang dilakukan warga binaan meningkat, terutama menjelang akhir bulan.

"Intensitas ibadah dari berdoa, membaca Al Quran dan ibadah sholat sunnah dari warga binaan meningkat," katanya. 

Ia menambahkan, ibadah pada malam hari tetap diperbolehkan, apalagi untuk mendapatkan malam 1000 bulan atau Lailatul Qodar. 

Selama bulan Ramadhan, dikatakannya warga binaan yang beragama Islam mendapatkan pembinaan secara rohani dengan porsi yang lebih banyak dibandingkan dengan hari-hari biasa. 

Salah satunya yaitu dengan belajar Iqro dan tadarus Al Quran. Belajar Iqro dan tadarus Al Quran bertempat di mushola Rutan Temanggung 

"Tadarus tetap diawasi petugas, agar tadarus Al Quran berjalan baik. Kami terjunkan dai dari Kemenag untuk membimbing dalam beribadah," jelasnya. 

Sedangkan bagi warga binaan yang belum lancar membaca Al Quran diajarkan oleh warga binaan yang lebih mengerti membaca Al Quran.

Tidak hanya warga binaan laki-laki, warga binaan perempuan di Rutan Temanggung juga melaksanakan belajar Iqro dan tadarus Al Quran. 

Warga binaan menyambut dengan antusias dengan adanya pembinaan rohani di Bulan Ramadhani ini. 

Seorang warga binaan, NH menyampaikan antusiasme dalam beribadah, meski kini berada di dalam rutan. 

"Di sini saya bisa fokus ibadah dengan mengaji dan shalat," ungkapnya. 

Petugas juga memberikan bimbingan yang terbaik dalam beribadah, seperti dengan menambah ilmu agama.

"Semakin saya mendalami dan memahami tentang Al Quran, saya menjadi lebih semangat untuk mengaji," ungkap penguni warga binaan perempuan itu.(MC.TMG/aiz;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top