Iklan Layanan Masyarakat

Sambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Petugas Kebersihan Ikuti Apel Kesiapsiagaan

Senin, 03 Mei 2021 17:08:44 167

Keterangan Gambar : DPRKPLH Kabupaten Temanggung mengadakan apel kesiapsiagaan kebersihan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H bagi armada dan pegawai kebersihan/persampahan di Halaman Kantor DPRKPLH, Senin (3/5/2021).


Temanggung, Media Center – Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Temanggung mengadakan apel kesiapsiagaan kebersihan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H bagi armada dan pegawai kebersihan/persampahan di Halaman Kantor DPRKPLH, Senin (3/5/2021).

Tujuan apel tersebut, selain untuk silaturahmi dan koordinasi pekerjaan, yaitu mengadakan stok opname terhadap personil maupun armada supaya pada saat pelayanan, khususnya pada saat perayaan Hari Raya Idul Fitri bisa terlayani dengan optimal.

Entargo Yutri Wardono selaku Kepada DPRKPLH Kabupaten Temanggung menjelaskan bahwa pada kegiatan apel pagi tersebut terdapat lebih dari 190 orang petugas kebersihan dengan armada berupa kendaraan truk sebanyak 13 unit, kendaraan kecil 5 unit, kendaraan roda tiga sebanyak 29 unit. Entargo juga menjelaskan bahwa seluruh armada tersebut masih kurang memenuhi untuk kebutuhan di Kabupaten Temanggung.

Sebagaimana diketahui pada saat Hari Raya Idul Fitri bahkan sejak mulai Bulan Ramadan yang harusnya ada puasa sampah, seperti halnya yang sudah dikampanyekan sebelumnya, tetapi kenyataan di lapangan sampah semakin banyak dan jenisnya lebih banyak sampah anorganik.

“Harapan kami di Hari Raya Idul Fitri, kegiatan-kegiatan timbunan sampah bisa kita selesaikan dengan baik,” katanya.

Entargo menjelaskan peningkatan sampah di Bulan Ramadhan Tahun 2021 sekitar 5% dan diperkirakan di puncak Hari Raya Idul Fitri peningkatan sampah sampai dengan 15%. Adapula volume harian sampah tercatat yang diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sekitar 120 ton dari 140 desa. Dengan demikian kapasitas volume TPA di Desa Sanggrahan sudah mencapai 80%, sehingga akan diadakan perluasan TPA dalam waktu dekat.

“Dengan strategi pembinaan di desa-desa dan melaksanakan kegiatan desa bebas sampah, harapannya perilaku masyarakat Temanggung bisa berubah dan timbunan-timbunan sampah di TPA bisa ditekan,” ungkapnya.

Dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri, diharapkan semua warga masyarakat Kabupaten Temanggung untuk berpola hidup pengelolaan sampah yang baik, menyelesaikan sampah organik ditingkat rumah tangga, sampah anorganik ditingkat RT yang diambil oleh petugas kebersihan adalah sampah residu.

“Kepada para petugas dalam rangka Hari Raya Idul Fitri ini, kami minta pelayanan tetap berjalan dengan baik,” pungkasnya. (MC TMG/Cahya:Ekape).

Pencarian:

Komentar:

Top