Iklan Layanan Masyarakat

Rutan Temanggung Layani Penitipan Makanan Bagi Warga Binaan

Kamis, 07 Apr 2022 15:06:04 1037

Keterangan Gambar : Petugas memeriksa makanan yang dititipkan untuk warga binaan


Temanggung, Media Center - Mengobati rindu akan masakan dari keluarga, rumah tahanan (Rutan) Temanggung membuka layanan penitipan makanan dari sanak famili bagi warga binaan. 

Kepala Rutan Temanggung, Syaikoni mengatakan, penitipan makanan pada warga binaan hanya berlaku selama Bulan Ramadan. Syaratnya adalah makanan harus menjalani serangkaian tes dan diperiksa petugas.

"Kami menghindari adanya penyelundupan ke dalam Rutan, seperti narkoba, sajam dan racun," kata Syaikoni, Kamis (7/4/2022) di Temanggung.  

Syaikoni mengatakan, penitipan makanan dibuka setiap hari dari siang hingga sore hari.  Masyarakat yang menitipkan makanan harus mampu menunjukan dan mengumpulkan fotocopy KTP. Penitipan makanan ini dapat diberikan pula pada tahanan dan narapidana. 

Pengetatan pemeriksaan pada Bulan Ramadan tanpa mengurangi kekhusukan warga binaan dalam beribadah di bulan puasa. 

Ia berharap, layanan penitipan makanan ini dapat menjadi obat rindu tersendiri bagi warga binaan dan semakin menguatkan tekad mengubah perilaku untuk tidak berbuat tindak pidana. 

"Semoga perhatian keluarga melalui makanan dapat menambah taubat, dan jika nanti keluar dari Rutan menjadi manusia yang baik," harapnya. 

Sementara itu, Syaikoni mengatakan berbagai kegiatan dilakukan warga binaan di bulan suci Ramadan 2022, diantaranya shalat Isya, dilanjutkan tarawih berjamaah
dan tadarus di masjid komplek Rutan. Kegiatan di Rutan bekerjasama dengan Kementerian Agama Kabupaten Temanggung. 

"Kami berikan hak-hak dalam beribadah pada warga binaan," katanya, sembari mengatakan selama sholat tarawih dan tadarus tetap mematuhi protokol kesehatan. (MC.TMG/Aiz;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top