Iklan Layanan Masyarakat

PWI Jateng Ingin Cetak Wartawan Profesional dan Beretika

Rabu, 24 Feb 2021 18:14:33 546

Keterangan Gambar : Orientasi Wartawan Temanggung oleh PWI Jateng di aula progo Bapedda Temanggung, Kamis (24/02)


Temanggung, MediaCenter - Wartawan dari berbagai media massa, baik cetak maupun elektonik yang bertugas di Kabupaten Temanggung mengikuti orientasi wartawan yang diadakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah di Aula Progo Bappeda Temanggung, Kamis (24/02).

Wakil Ketua PWI Jateng Bidang Organisasi, Isdiyanto Isman menyampaikan dalam orientasi ini disampaikan mengenai Peraturan Rumah Tangga (PRT) PWI. Kemudian Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, Kode Etik Jurnalistik dan Pedoman Pemberitaan Media Siber serta Peraturan Dewan Pers tentang Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA).

Bahkan diera digital ini, wartawan juga dituntut kemampuannya dalam mengaplikasikan tehnologi yang semakin canggih untuk menjalankan tugas jurnalistik.

“Kita belajar tidak hanya sampai disini, setelah orientasi ini pastinya para wartawan harus mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Tentunya bagaimana kita mengaplikasikan kegiatan yang biasa kita lakukan setiap hari di dalam UKW," ungkap Isdiyanto.

UKW pada dasarnya menjadikan wartawan profesional, kompeten, independen, taat kode etik jurnalistik. Ia juga mengharapkan agar wartawan yang tergabung di dalam PWI tetap menjaga martabat  dan integritas.

“Sebagai wartawan, nomor satu harus jaga etika profesi, martabat dam integritas, namun juga harus kerja keras,” ujarnya.

Isdiyanto menambahkan wartawan dalam menjalankan tugasnya harus patuh pada prinsip ABC (Akurat, Balanced, Clear). (MC TMG/Firman;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top