Iklan Layanan Masyarakat

Puskesos Jadi Garda Terdepan Pengaduan Masalah Sosial

Kamis, 21 Jul 2022 20:11:21 694

Keterangan Gambar : Puskesos Jadi Garda Terdepan Pengaduan Masalah Sosial


Temanggung, MediaCenter - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Temanggung melaksanakan kegiatan 'Peningkatan Kemampuan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial' bersama anggota Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM), di Dusun Drandan, Desa Bojonegoro, Kecamatan Kedu, Temanggung, Kamis (21/7/2022).

Hadir dalam acara ini,  Kabid Daya Sosial Dinsos, Dhani Trianti beserta jajarannya, dan anggota IPSM Kabupaten Temanggung.

Dhani Trianti menjelaskan, bahwa ke depan, Kementerian Sosial RI mengutamakan pembentukan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) yang berada di tingkat desa dan tingkat kabupaten, menjadi garda terdepan pengaduan masalah sosial.

"Di tingkat Kabupaten Temanggung, Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) namanya Dharma Parahita (welas asih memperhatikan kesejahteraan orang lain), Puskesos di Temanggung baru ada di dua desa, Bandunggede dan Pandemulyo. Manakala suatu permasalahan sosial tidak bisa diselesaikan di Puskesos desa, maka bisa dirujuk di Puskesos kabupaten. Harapannya desa-desa membentuk Puskesos ke depannya," jelasnya.

Atik Nurhidayati, pekerja sosial di Dinsos Kabupaten Temanggung menambahkan, Pekerja Sosial Masyarakat ke depannya akan disebar ke bidang-bidang di Dinas Sosial, untuk lebih berperan aktif membantu mengidentifikasi berbagai masalah sosial di masyarakat.

"Kami memang belum bisa memberikan apa-apa, kami hanya mengajak untuk berbuat baik di masyarakat lewat jalur IPSM ini, kita bisa berdiskusi dan mencari jalan keluar, Allah yang akan memberikan penghargaan kepada kita," ungkapnya.

Sugiyat, anggota IPSM Kabupaten Temanggung mengatakan, bahwa dalam pengalamannya sebagai anggota IPSM pernah menemukan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial seorang lanjut usia yang rumahnya tidak layak huni.

"Maka saya sebagai pekerja sosial masyarakat koordinasi dan komunikasi dengan Ibu Kades, dan alhamdulilah direspon baik, kami juga cek lokasi bersama dan selanjutnya kami membuat proposal ke Basnaz, untuk penanganan RTLH nya, serta desa tersebut akan menganggarkan di tahun depan membantu lansia tersebut," pungkasnya. (MC.TMG/sty;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top