Iklan Layanan Masyarakat

PT DSN Bantu Ribuan Jabon untuk Petani Temanggung

Selasa, 28 Des 2021 17:54:14 1515

Keterangan Gambar : Bupati HM Al Khadziq, Wakil Bupati Heri Ibnu Wibowo, menghadiri kegiatan Karya Bhakti Ibu Pertiwi Sosialisasi dan Penyerahan 14 Ribu Bibit Jabon dari PT Dharma Satya Nusantara Tbk, di aula Kecamatan Kandangan, Selasa (28/12/2021). 


Temanggung, MediaCenter - PT Dharma Satya Nusantara Tbk memberikan bantuan 14 ribu bibit jabon atau jati kebon untuk mitra dan kelompok tani mandiri di Kabupaten Temanggung. Hal tersebut merupakan sinergitas antara perusahaan dengan masyarakat dan pemerintah yang saling menguntungkan, karena banyak sisi positif didapat. 

Hadir dalam penyerahan bantuan di Aula Kecamatan Kandangan, Bupati HM Al Khadziq, Wakil Bupati Heri Ibnu Wibowo, Camat Kandangan Hari Nugroho, Plan Head PT Dharma Satya Nusantara Tbk, Rinarso Hadi Prasetyo, dan para kepala desa.

Bupati mengapresiasi langkah yang ditempuh perusahaan ini, karena sangat positif. DSN sendiri merupakan salah satu perusahaan yang berkepentingan mengembangkan industri dari jabon, tetapi bahannya masih kurang, sehingga mengajak masyarakat untuk menanam jabon.  

"Alhamdulillah perusahaan membagi secara gratis kepada masyarakat, keuntungan kita berlipat-lipat, masyarakat juga untung, karena menanam jabon tidak menganggu pohon kopi, tidak menganggu pertanian-pertanian lain, perawatannya juga tidak rumit. Masyarakat dapat untung, perusahaan dapat untung, Kabupaten Temanggung ikut dapat untung. Selama tujuh tahun tumbuh akan memperkuat struktur tanah, mengurangi erosi, menyerap air, menghasilkan oksigen dalam jumlah besar, sehingga lingkungan tertata lestari," kata Bupati, Selasa (28/12/2021). 

Lebih jauh Bupati menerangkan, saat ini Kabupaten Temanggung memiliki masalah yang kaitannya dengan konservasi alam, banyak sumber mata air mati, debit air menurun. Maka saat ini juga tengah digencarkan gerakan konservasi alam yang melibatkan berbagai elemen yang ada. 

Pada kesempatan yang sama, Wabup berharap dari bibit jabon ini kelak akan mendatangkan hal-hal positif. Selain kelestarian alam, secara ekonomi juga akan menambah penghasilan bagi masyarakat Kabupaten Temanggung. Pasalnya, dari penanaman jabon ini akan menghasilkan keuntungan secara finansial. 

Plan Head PT  Dharma Satya Nusantara Tbk Rinarso Hadi Prasetyo, menuturkan, pembagian bibit jabon, karena dari pohon ini perusahaannya bisa membuat produk yang lebih baik. Jabon juga lebih baik dari sengon, market atau pasarnya sudah ada dengan dijual ke Jepang. Maka petani diimbau untuk tidak ragu menanam jabon. 

"Kenapa jabon, karena kualitas lebih baik dari sengon, lebih tahan penyakit, marketnya jelas. Dari tanam sampai panen sekitar tujuh tahun, ke depan kita akan tingkatkan 1 juta bibit. Di Temanggung kita bagi untuk 5 kecamatan, yaitu Kedu, Pringsurat, Kranggan, Kaloran, dan Kandangan," katanya. 

Camat Kandangan, Hari Nugroho menyampaikan terimakasih atas bantuan bibit jabon dari PT DSN, sebab hal ini sangat membantu petani di wilayahnya. Kebetulan secara geografis, kontur, dan jenis tanah, wilayah Kecamatan Kandangan cocok untuk ditanami jabon.(MC.TMG/ar;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top