Iklan Layanan Masyarakat

Prospek Cuaca Ekstrim Di Wilayah Jawa Tengah 1-3 November 2022

Rabu, 02 Nov 2022 09:07:51 1208

Keterangan Gambar : Prospek Cuaca Ekstrim Di Wilayah Jawa Tengah 1-3 November 2022


Temanggung, Media Center - Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, aktifnya Gelombang Atmosfer Tipe Low, anomali suhu muka laut positif di Laut Jawa dan Samudera Hindia selatan Jawa memicu adanya peningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah. 

Kelembaban udara yang relatif cukup tinggi dan labilitas lokal yang cukup kuat turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia, khususnya Jawa Tengah. 

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Sutikno menjelaskan berdasarkan kondisi tersebut BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dalam waktu singkat untuk periode 01 - 03 November 2022 dapat terjadi di wilayah Jawa Tengah sebagai berikut:

Tanggal 01 November 2022
Wonosobo, Grobogan, Blora, Kota Magelang, Temanggung, dan sekitarnya.

Tanggal 02 November 2022
Cilacap, Banjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Grobogan, Karanganyar, Kendal, Kudus, Kota/Kab. Magelang, Pati, Kab./Kota Pekalongan, Purbalingga, Batang, Salatiga, Kab./Kota Semarang, Sragen, Temanggung, Wonosobo, Wonogiri, Pemalang, dan sekitarnya.

Tanggal 03 November 2022
Cilacap, Banjarnegara, Banyumas, Temanggung, Wonosobo, Kota/Kab. Magelang, Kebumen, dan sekitarnya.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, hujan es, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi. 

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini dengan wilayah yang lebih terperinci, dapat mengakses:

1.Website https://www.bmkg.go.id;
2.Website http://cuacajateng.com/prakiraan/#jawa, untuk prakiraan cuaca hingga level Kecamatan;
3.Akun media sosial @cuacajateng; 
4.Aplikasi iOS dan android "Info BMKG";
5.Call center 196 BMKG;
6.atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

Pencarian:

Komentar:

Top