Iklan Layanan Masyarakat

Prospek Cuaca Ekstrim di Wilayah Jateng 14-16 Juli 2022

Kamis, 14 Jul 2022 18:31:25 533

Keterangan Gambar : Prospek Cuaca Ekstrim di Wilayah Jateng 14-16 Juli 2022


Temanggung, Media Center - Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, anomali suhu muka laut di Samudera Hindia selatan Jawa dan Laut Jawa dan aktifnya gelombang atomsfer tipe low yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah. 

Kelembaban udara yang relatif cukup tinggi turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia. 

Berdasarkan kondisi tersebut di atas, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intenaitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 14 Juli - 16 Juli 2022 dapat terjadi di wilayah Jawa Tengah sebagai berikut:

*Tanggal 14 Juli 2022*
Banjarnegara, Banyumas, Cilacap, Karanganyar, Kebumen, Kab./Kota Magelang, Kab. Pekalongan, Purbalingga, Purworejo, Sragen, Temanggung, Wonosobo, dan sekitarnya.

*Tanggal 15 Juli 2022*
Banjarnegara, Banyumas, Batang, Boyolali, Kab./Kota Brebes, Cilacap, Karanganyar, Kebumen, Kab./Kota Magelang, Pemalang, Purbalingga, Purworejo, Kab./Kota Tegal, Temanggung, Wonosobo, dan sekitarnya.

*Tanggal 16 Juli 2022*
Banjarnegara, Banyumas, Batang, Kab./Kota Magelang, Kab. Pekalongan, Purbalingga, Temanggung, Wonogiri, dan sekitarnya.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi. 

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini dengan wilayah yang lebih terperinci, dapat mengakses:

1.Website https://www.bmkg.go.id;
2.Website http://cuacajateng.com/prakiraan/#jawa, untuk prakiraan cuaca hingga level Kecamatan;
3.Akun media sosial @cuacajateng; 
4.Aplikasi iOS dan android "Info BMKG";
5.Call center 196 BMKG;
6.atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (MC.TMG/fr;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top