Iklan Layanan Masyarakat

Presiden Tanam Bawang Merah dan Resmikan Embung di Temanggung

Selasa, 14 Des 2021 15:45:54 986

Keterangan Gambar : residen Republik Indonesia Joko Widodo, Selasa (14/12/2021) bertempat di sekitar Embung Bansari, Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah melakukan penanaman bawang merah di kawasan lahan "food estate".


Temanggung, Media Center - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Selasa (14/12/2021) bertempat di sekitar Embung Bansari, Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah melakukan penanaman bawang merah di kawasan lahan "food estate".

Hadir dalam kegiatan tersebut, Menteri Pertanian, Menteri PUPR, Gubernur Jateng, dan Bupati Temanggung. Kegiatan dilakukan dengan protokol kesehatan.

"Kami bersama Menteri Pertanian, Menteri PUPR,  Gubernur Jateng, dan Bupati Temanggung dan para petani bersama-sama melakukan penanaman bawang merah," kata Presiden Joko Widodo di Temanggung.

Presiden mengatakan, luas lahan food estate di Kabupaten Temanggung terdapat 339 hektar yang akan didampingi oleh Kementerian Pertanian.

Presiden menyampaikan, dengan adanya off taker, maka ada kepastian harga, kepastian yang membeli, sehingga harga tidak dipermainkan oleh para tengkulak.

"Melalui program ini, kami harapkan produktivitasnya bisa meningkat dan yang paling penting juga disiapkan off taker yang membeli bawang merah yang ditanam ini," katanya.

Presiden berharap, dengan produktivitas yang semakin baik dan intervensi di bibit, diharapkan pendapatan petani akan meningkat.

"Akan saya lihat setelah panen, sehingga dapat memastikan kalau nanti panen sudah terjadi berarti per hektar mendapatkan berapa ton, kemudian ongkos produksinya, maka ketemu bahwa para petani memang mendapatkan keuntungan dari tanam bawang merah ini," katanya.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjelaskan, ada sejumlah off taker atau integrator dalam food estate ini, yakni PT Semangat Bersama Enterpreneurship, PT Calbee Wings Food, CV Sido Makmur Jaya, dan CV Rejeki Terus Lancar.

Mentan menyebutkan, sistem food estate  di Temanggung tersebar di lima kecamatan yakni Bansari, Kledung, Ngadirejo, Parakan, dan Bulu. Tanaman hortikultura yang ditanam meliputi cabai, kentang, bawang merah, dan bawang putih.

Ia menyampaikan, berdasarkan analisis potensi produksi setelah dengan sistem food estate  keuntungan per hektare untuk bawang merah sekitar Rp 23 juta, bawang putih Rp 40 juta, cabai Rp 55 juta, dan kentang konsumsi Rp187 juta.

Selain menanam bawang merah, Presiden juga meresmikan 4 embung yang dibangun di Kabupaten Temanggung, yaitu Embung Bansari, Embung Tlogoguwo, Embung Pagergunung, dan Embung Dukun. 

“Diharapkan dengan telah siapnya embung-embung yang ada, produktivitas pertanian bisa lebih baik,” pungkasnya.(MC.TMG/pd;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top