Iklan Layanan Masyarakat

PPDB Ditutup, 8.402 Calon Siswa Baru Telah Lakukan Pendaftaran

Rabu, 24 Jun 2020 16:30:55 796

Keterangan Gambar :


Temanggung, MediaCenter – Sebanyak 451 sekolah di Kabupaten Temanggung telah melaksanakan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2020-2021, dengan rincian 409 Sekolah Dasar (SD) dan 42 Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dari jumlah tersebut, 204 SD Negeri dan 42 SMP Negeri melaksanakan PPDB secara online untuk meminimalisir kontak langsung antara petugas dengan siswa atau wali murid saat melakukan pendaftaran.
Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Temanggung, sebanyak 8.402 calon siswa baru telah mengikuti PPDB yang dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2020 sampai dengan 19 Juni 2020, dengan rincian 3.919 calon siswa SD dan 6.483 calon siswa SMP. Data tersebut merupakan jumlah siswa yang mendaftar di sekolah negeri di Kabupaten Temanggung, belum termasuk siswa yang mendaftar di sekolah swasta.
Untuk melakukan pendaftaran, calon siswa bisa mendaftar mendiri secara online melalui website PPDB Temanggung. Jika tidak memungkinkan, pendaftaran bisa difasilitasi oleh operator sekolah masing-masing.
“Pendaftar bisa difasilitasi oleh operator di sekolah masing-masing dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan”, ungkap Ujiono, Sekretaris Dindikpora Kabupaten Temanggung saat ditemui di kantornya, Rabu (24/06/2020).
Setelah tahap pendaftaran selesai, verifikasi berkas tidak dilakukan secara langsung, verifikasi dilakukan dengan membawa berkas yang diperlukan ke sekolah tujuan, kemudian berkas dimasukkan ke dalam kotak yang telah disediakan oleh petugas pendaftaran di sekolah masing-masing, sehingga pendaftar dan petugas tidak bertemu langsung.
Ujiono menambahkan, Dindikpora Kabupaten Temanggung juga menyediakan ruang konsultasi bagi siswa atau wali murid yang mengalami kesulitan saat melakukan pendaftaran dengan tetap menggunakan protokol kesehatan.
Dalam hal penyediaan fasilitas server untuk PPDB online, Dindikpora Kabupaten Temanggung berkolaborasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Temanggung. Sampai dengan pengumuman PPDB pada Senin (22/06/2020), tidak ada kendala secara teknis pada server PPDB, hanya saja beberapa wilayah di Kabupaten Temanggung mengalami susah sinyal atau blank spot.
 “Karena menggunakan internet, tidak semua daerah internetnya lancar”, imbuh Ujiono. 
Untuk mengantasi hal tersebut, Dindikpora Temanggung mengitruksikan ke sekolah-sekolah untuk bisa mengakomodir pendaftaran, sehingga siswa bisa datang ke sekolah untuk melakukan pendaftaran. 
“Untuk jadwal masuk sesuai Kalender Pendidikan (Kaldik) pada 13 Juli 2020, tetapi nanti disesuaikan mengawali tatap muka atau tidak, karena kasus Covid-19 di Temanggung saat ini masih tinggi”, pungkasnya. (MC TMG/Safi;Farida; Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top