Iklan Layanan Masyarakat

Petani Sumbing Mulai Tanam Tembakau

Minggu, 21 Mei 2023 11:41:04 267

Keterangan Gambar : Petani Sumbing Mulai Tanam Tembakau


Temanggung, MediaCenter- Para petani di lereng Gunung Sumbing, khususnya di Dusun Butuh, Desa Tanggulanom, Kecamatan Selopampang mulai menanam tembakau untuk musim tanam tahun 2023. Mereka berharap, tanaman tembakau kali ini bisa tumbuh baik dengan hasil baik hingga harga jual pasca panen nantinya. 

Hadir dalam penanaman tersebut, Wakil Bupati Heri Ibnu Wibowo, Koordinator Tanaman Semusim Direktorat Perkebunan Kementan RI Ronald Evan Zigler, Sekjen APTI Hananto Wibisono, Ketua APTI Temanggung Siyamin, Wakil Ketua DPRD Tunggul Purnomo dan lain-lain. 

"Hari ini kita melakukan tanam tembakau bersama, tentunya kita harapkan tahun ini produksi tembakau, khususnya di Kabupaten Temanggung bisa lebih baik dari tahun sebelumnya," ujar Koordinator Tanaman Semusim Direktorat Perkebunan Kementan RI Ronald Evan Zigler, Sabtu (20/5/2023). 

Ronald Zigler menegaskan, dibalik banyaknya berbagai isu terkait budidaya tembakau, pihaknya menegaskan akan mendukung petani tembakau. Bahkan Kementan akan mendukung melalui berbagai program yang ada untuk keberlanjutan petani tembakau. 

"Terkait budidaya dan ekosistem pertembakauan saat ini yang diterpa banyak isu, tentunya kami dari Kementerian Pertanian Direktorat Jenderal Perkebunan akan mendukung petani tembakau. Beberapa program dari kami tentunya semua akan mendukung bagaimana ekosistem pertembakauan bisa berjalan dengan baik. Baik itu dari sisi perlindungan petaninya, maupun dari kesejahteraan petaninya," katanya. 

Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo berharap, untuk musim tembakau tahun 2023 bisa berjalan dengan baik. Tanaman bisa tumbuh dengan baik, sehingga nanti menghasilkan panen daun tembakau yang baik pula.

"Kalau kita lihat kondisi cuaca iklim juga sangat mendukung, curah hujan sudah mulai agak berkurang, sehingga tanaman tembakaunya bisa bagus, kualitasnya juga bagus. InsyaAllah ini menjadi harapan kita semuanya. Kalau petani tembakau makmur, sejahtera, InsyaAllah efeknya juga ke bidang-bidang atau sektor yang lainnya," terangnya.(MC.TMG/ary;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top